Breaking News:

Idul Adha 1442 H

Kakan Kemenag Maluku Tengah: Salat Idul Adha 1442 H Tetap Dilaksanakan dengan Prokes

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Maluku Tengah, M. Hanafi Rumatiga menyampaikan, pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 H di wilaya

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Lukman
MALUKU: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah, M. Hanafi Rumatiga, Senin (19/7/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Maluku Tengah, M. Hanafi Rumatiga menyampaikan, pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 H di wilayah tersebut tetap dilaksanakan seperti biasa.

Rumatiga menjelaskan, imabauan yang ia sampaikan tersebut tentu beradasarkan Maklumat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku terkait dengan mekanisme pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 Hijriah, 2021 Masehi yang jatuh pada Selasa 20 Juli besok.

“Sholat Idul Adha dilaksanakan sebagaimana biasa tapi sesuai dengan maklumat MUI,”kata Rumatiga kepada wartawan di Ruang Kerjanya, Senin (19/7/2021).

Dijelaskan, pelaksanaan Salat Idul Adha tetap dilaksanakan, namun dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Mahasiswa Serram Demo Dukung PPKM di Kota Ambon, Namun Minta Perubahan

“Yakni pelaksanaan sholatnya tetap jalan. Intinya adalah menjaga protocol kesehatan,”jelas Rumatiga.

Lanjutnya, imbauan larangan hanya ditegaskan pada konvoi malam takbiran dan larangan antrian saat pembagian hewan kurban bagi bagi golongan orang-orang yang berhak menerima.

Penerima manfaat daging kurban, sebut dia, yakni fakir, miskin, ghabir, ibnu sabil, muallaf, dan amil.

“Pembagian hewan kurban itu tidak dalam bentuk antrian tapi mereka di rumah masing-masing saja nanti panitia yang membagikan ke rumah masing-masing penerima,”ujarnya. 

Pengumuman Kepala Kantor Kemenag ini bersifat umum bagi seluruh warga yang ada di wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah.

“Jadi penegasan ini sampaikan dengan berpatokan kepada Maklumat MUI Provinsi Maluku,”tegas Rumatiga.

Terkait Surat Edaran (SE)  Menteri Agama yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dengan Nomor SE. 17 Tahun 2021. SE Kemenag Nomor 17 Tahun 2021 ini tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha lengkap dengan petunjuk teknis pelaksanaan Qurban tahun 1442 H di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dirinya mengatakan SE Kemenag itu disebutkan bahwa Salat Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid/mushala hanya pada daerah Zona Merah dan Oranye ditiadakan.

Artinya, daerah yang masih zona kuning dan hijau tidak demikian.

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved