Breaking News:

Vaksinasi Covid 19

Besok, Bakal Dilakukan Layanan Vaksinasi Drive Thru Bagi Sopir Angkot di Ambon

Pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon akan melakukan layanan vaksinasi drive thru bagi Sopir Angkutan Umum (Angkot).

Adjeng Hatalea
Pelaksanaan vaksinasi massal di Tribun Lapangan Merdeka, Jalan Slamet Riyadi, Sirimau, Kota Ambon, Selasa (25/5/2021). 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon akan melakukan layanan vaksinasi drive thru bagi Sopir Angkutan Umum (Angkot), dimulai Rabu (26/5/2021) besok.

Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, layanan ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni hingga Kamis (28/5/2021).

Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy Pelupessy 
ketika diwawancarai TribunAmbon.com di Tribun Lapangan Merdeka, Jalan Slamet Riyadi, Sirimau, Kota Ambon, Selasa (25/5/2021).
Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy Pelupessy ketika diwawancarai TribunAmbon.com di Tribun Lapangan Merdeka, Jalan Slamet Riyadi, Sirimau, Kota Ambon, Selasa (25/5/2021). (Adjeng Hatalea)

“Jadi nanti dibagi dalam dua shift, hari Rabu dan Kamis. Seperti model drive through. Mereka bisa masuk kemudian mereka bisa tetap mengambil penumpang,” ucap Wendy ketika diwawancarai TribunAmbon.com di Tribun Lapangan Merdeka, Jalan Slamet Riyadi, Sirimau, Kota Ambon, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Penambang Liar Kembali Serbu Gunung Botak, Polda Maluku Minta Bantuan Pemerintah Daerah

Baca juga: Tersinggung Perkara Tanah Picu Pukul Saudara Sendiri, Latumeten Dibawa ke Pengadilan Negeri Ambon

Dia menerangkan, Sopir Angkot masuk dalam kategori pelayan publik yang kerap bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat umum lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi Sopir Angkot ketika melayani penumpang telah terbentuk herd-immunity-nya.

“Mereka juga langsung berhubungan dengan masyarakat apalagi di dalam mobil dengan kapasitas terbatas, itu juga potensi penularan itu tinggi. Oleh karena itu kita mengharapkan sopir ini wajib divaksinasi,” sambungnya.

Pelaksanaan vaksinasi drive thru ini, sebut Wendy, akan menyasar Sopir Angkot yang melayani rute Kebun Cengkeh, Air Kuning dan Air Besar (Arbes).

Adapun pelaksanaan vaksinasi drive thru hari pertama akan berpusat di kawasan SMP Negeri 14 Ambon.

“Besok itu rencananya untuk LIN mulai dari Kebun Cengkeh, Air Kuning, Air Besar itu akan dilakukan vaksinasi di SMP 14,” sebut Wendy.

Dia mengaku, di hari keenam pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar pihaknya di Tribun Lapangan Merdeka itu, tingkat partisipasi Sopir Angkot di Ambon masih rendah.

Dari sekitar 2000an Sopir Angkot di Ambon, baru sekitar 421 Sopir Angkot yang divaksin.
Angka itu, kata dia, sudah termasuk Tukang Ojek Online (Ojol).

“Jadi, kita lihat lagi jika tidak terpenuhi di lapangan merdeka ini, mungkin kita akan membuka juga untuk LIN yang lain,” ujarnya.

Layanan vaksinasi drive thru akan diperlebar hingga ke kawasan Belakang Soya, juga menyisir Sopir Angkot dari luar pusat Kota Ambon.

“Kita rencana itu di Belakang Soya, kemudian LIN dari luar. Sehingga mereka juga masih tetap melayani penumpang,” pungkasnya. (*)

Penulis: Adjeng Hatalea
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved