Breaking News:

Ambon Terkini

Jong Ambon FC Hadir Atas Inspirasi Pergerakan Pemuda Ambon Era Pergerakan Nasional

Ketua Klub Sepak Bola Jong Ambon FC, Ronny Sapulette mengatakan, pemberian nama ‘Jong Ambon’ terinspirasi dari kegerakan pemuda di era pergerakan nasi

TribunAmbon.com/Tanita
AMBON: Pelepasan balon Merah Putih sebagai lambang launching Jong Ambon FC di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (15/4/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Ketua Klub Sepak Bola Jong Ambon FC, Ronny Sapulette mengatakan, pemberian nama ‘Jong Ambon’ terinspirasi dari kegerakan pemuda di era pergerakan nasional.

Dia menuturkan, Jong Ambon didirikan oleh Johannes Latuharhary dan merupakan Organisasi Ambon Muda atau Pemuda-pemuda Ambon yang berdiri pada masa pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda dan berfokus pada bidang olahraga terutama sepak bola.

“Jong ambon dilahirkan sebelum sumpah pemuda, karena kegerakan ini menjadi panutan untuk kita pemuda, untuk itu saya namakan Jong Ambon,” Kata Ronny usai launching klub sepakbola ‘Jong Ambon FC’ di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Kamis (15/4/2021).

Baginya, Jong Ambon memberikan peranan penting di zaman dahulu tak hanya bagi Maluku tapi juga untuk Indonesia.

“Karena Jong Ambon punya peranan kegerakan anak muda zaman dahulu, tanpa Jong Ambon, saya rasa negeri ini belum bisa merdeka, karena disitu hadirnya sumpah pemuda, tanpa jong ambon tidak ada sumpah pemuda,” ungkap Sapulette.

Baca juga: Tiga Pegawai PDAM KKT Korupsi Dana Penyertaan Modal Rp 1,8 Miliar

Baca juga: ACE Hardware Cabang Ambon Donasikan 320 Baju Hazmat untuk Pemkot Ambon

Baca juga: Jambret Uang Rp 5 Juta, 2 Tukang Ojek Ambon di Adili

Sapulette menyadari potensi besar yang dimiliki generasi muda di Maluku khususnya Ambon.

“Saya ingin melakukan ini karena dorongan bahwa banyak sekali potensi ade-ade yang suka sepakbola bahkan punya kemampuan yang luar biasa,” ungkapnya.

Meski dia menyayangkan tidurnya Persatuan Sepakbola Ambon (PSA) selama ini, dia berharap, kehadiran Jong Ambon FC bisa memberi semangat baru bagi sepak bola di Kota Ambon.

“Kenapa setiap klub Nasional ada orang maluku atau ambon, masa orang ambon tidak punya klub seperti PSA zaman dahulu. Seperti yang dikatakan wawali bahwa memang PSA mati suri yang cukup berkepanjangan, untuk itu kita bangkit. Bangkit dengan jong ambon dan club-club lainnya,” harapnya.

Dia mengharapkan, masyarakat dan pemerintah bersama-sama mendukung kehadiran Jong Ambon FC ini.

“Untuk itu kami mohon dukungan doa dari semua pihak masyarakat kota ambon khususnya, untuk kita berharap bersama-sama Jong Ambon FC ini bisa menjadi PSA yang tidak mati suri,” harap Sapulette.

Sapulette menginfokan, Jong Ambon berada dibawah naungan Yayasan Nanaku Sombar Maluku dan telah memiliki SK Kemenkumham dan Akta pendirian.

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved