Breaking News:

Kawasan Tertib Lalu Lintas

Pantau Ruas Jalan KTL, Kota Ambon Akan Pakai Sistem Tilang Elektronik atau ETLE

Hal ini dilakukan guna mengurangi tindakan bersifat manual dalam mengawasi Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di Kota Ambon.

Adjeng Hatalea
Peluncuran Kawasan Tertib Lalulintas di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Jl. Slamet Riyadi, Sirimau, Kota Ambon, Rabu (7/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Sistem penilangan di Kota Ambon rencananya akan menggunakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Hal ini dilakukan guna mengurangi tindakan bersifat manual dalam mengawasi Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di Kota Ambon.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan kepolisian setempat untuk melakukan pengawasan di ruas jalan KTL.

“Ada tim terpadu yang nantinya melakukan pengawasan dan pengendalian setiap harinya. Harapan kami, penindakan ke depan tidak lagi secara manual, tetapi menggunakan ETLE,” kata Robby saat diwawancarai usai acara peluncuran KTL di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Jl. Slamet Riyadi, Sirimau, Kota Ambon, Rabu (7/4/2021).

Kepada Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette saat diwawancarai usai acara peluncuran KTL di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Jl. Slamet Riyadi, Sirimau, Kota Ambon, Rabu (7/4/2021).
Kepada Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette saat diwawancarai usai acara peluncuran KTL di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Jl. Slamet Riyadi, Sirimau, Kota Ambon, Rabu (7/4/2021). (Adjeng Hatalea)

Baca juga: Dua Jalan di Pusat Kota Ambon Ini Jadi Kawasan Tertib Lalu Lintas

Baca juga: Musrenbang, Wawali Ambon Harap Mampu Wujudkan Pembangunan Kota yang Dinamis

Namun, lanjut dia, saat ini proses pengerjaan drainase dan trotoar di dua ruas jalan KTL, yakni Jl. A.Y. Patty dan Jl. Slamet Riyadi masih berlangsung sehingga dibutuhkan setidaknya seminggu untuk dilakukan pengawasan dan pengendalian.

"Melihat kondisi Jl. A.Y. Patty itu kan belum terselesaikan dengan pekerjaan drainase dan trotoar. Jadi, nanti kita lihat seminggu ke depan ini kita mulai aksi,” ucapnya.

Dia berharap, masyarakat pengguna jalan bisa mematuhi ketentuan KTL yang diterapkan Pemerintah Kota Ambon.

Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di Kota Ambon.
Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di Kota Ambon. (Adjeng Hatalea)

Adapun penetapan ruas jalan KTL berdasarkan Peraturan Wali Kota Ambon No 13 Tahun 2021 dan telah melalui proses studi kelayakan yang melibatkan pemangku kepentingan terkait di Kota Ambon, Maluku. (*)

Penulis: Adjeng Hatalea
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved