Breaking News:

Panduan Ibadah Ramadhan 2021

Imam Masjid di Ambon Khawatir Tidak Bisa Terapkan Panduan Ibadah Ramadhan2021, Ini Alasannya

Panduan Ibadah Ramadhan 2021 yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag) RI tampaknya tidak bisa diterapkan sepenuhnya oleh masjid di Kota Ambon.

TribunAmbon.com/Dedy
AMBON: Masjid Al Huda berada di Jalan Ir. M. Putuhena, Kota Jawa, Rumah Tiga, Ambon. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Panduan Ibadah Ramadhan 2021 yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag) RI tampaknya tidak bisa diterapkan sepenuhnya oleh masjid di Kota Ambon.

Salah satunya Masjid Al Huda yang berada di Jalan Ir. M. Putuhena, Kotajawa, Rumah Tiga, Ambon.

Imam masjid Al Huda, La Samai menyebutkan, keterbatasan dana menjani alasan utama dia ragu panduan itu terlaksana secara menyeluruh.

Terutama pada bagian E.Ketentuan Poin ke-5 yang berbunyi “Pengurus dan pengelola masjid/mushala sebagaimana angka 4 (empat) wajib menunjuk petugas yang memastikan penerapan protokol kesehatan dan mengumumkan kepada seluruh jarrraah, seperti melakukan disenfektan secara teratur, menyediakan sarana cuci tangan di pintu masuk masjid/mushala, menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan setiap jamaah membawa sajadah /mukena masing-masing”.

Kata dia, untuk melaksanakan poin di atas, diperlukan sarana protokol kesehatan.

Namun, kurangnya dana mengakibatkan pihaknya tak bisa menyediakan sarana tersebut.

“Kami ini bukan masjid besar seperti Al-Fatah yang memang diawasi langsung oleh pemerintah, dana kami hanya andalkan sumbangan dari jamaah.” kata dia.

AMBON: Masjid Al Huda yang berada di Jalan Ir. M. Putuhena, Kotajawa, Rumah Tiga, Ambon.
AMBON: Masjid Al Huda yang berada di Jalan Ir. M. Putuhena, Kotajawa, Rumah Tiga, Ambon. (TribunAmbon.com/Dedy)

Selain itu juga soal pembatasan kapasitas ruangan, lanjut dia, akan sulit mengatur jumlah jamaah yang datang untuk beribadah.

“Ditambah lagi jamaah pasti antusias sekali di sepuluh hari pertama bulan puasa, nanti saya akan coba diskusikan dengan jamaah, tapi kita lihat seperti apa tanggapan mereka,” lanjutnya.

Meski demikian, La Samai mengaku bersyukur diterbitkannya Panduan Ibadah Ramadhan 2021 itu.

Pasalnya, berbeda dengan tahun ini, Ramadhan 2020 lalu ketika awal pandemi covid-19 merebak di Kota Ambon, seluruh jamaah tidak diperbolehkan beribadah di masjid.

“Kami bersyukur akhirnya bisa ibadah di masjid saat Ramadhan, karena di tahun lalu kami tidak bisa sholat tarawih berjamaah,” ungkapnya.

Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved