Breaking News:

Maluku Terkini

Bendungan Waeapo Ditargetkan Rampung Desember 2022

Pembangunan Bendungan Waeapo, Desa Wapsalit, Kecamatan Lolongwuba, Kabupaten Buru ditargetkan rampung Desember 2022 mendatang.

TribunAmbon.com/ Andi Papalia
Deputi I KSP Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi, Febry Calvin Tetelepta di lokasi pembangunan power plant di Desa Lala, Kabupaten Buru, Kamis (25/3/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Pembangunan Bendungan Waeapo, Desa Wapsalit, Kecamatan Lolongwuba, Kabupaten Buru ditargetkan rampung Desember 2022 mendatang.

Menurut Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi, Febry Calvin Tetelepta, saat ini pengerjaan sudah 23% dan tengah didorong agar Desember tahun ini sudah 50% pengerjaan.

"Tadi saya juga sudah bicara dengan direktur PLN Indonesia Timur, bahwa nanti PLN ke depan difasilitasi oleh kantor staf Presiden, untuk mempertemukan, antara PLN dengan PUPR, agar mempersiapkan takeover pelaksanaan pembangunan bendungan, karena ini menjadi sumber energi bagi masyarakat di Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan,” ungkapnya.

Baca juga: Tetelepta Bantu Monitoring Pembangunan Power Plant Tenaga Gas di Pulau Buru

Lanjutnya dijelaskan, bendungan itu memiliki empat fungsi, yakni pengairan sawah, pengendalian banjir, sumber listrik hingga pemanfaatan untuk pariwisata.

“Dapat menghasilkan 8 MW listrik yang bisa memberikan aliran listrik ke masyarakat di Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan,” cetus Tetelepta.

Menurutnya, jika bendungan telah beroperasi, maka industri lainnya akan masuk dan berkembang disini.

“Dinamika ekonomi di Buru dan di Buru Selatan bisa berjalan dengan baik,” tandasnya. (*)

Penulis: Andi Papalia
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved