Breaking News:

Maluku Terkini

Perbulan Warga Kota Masohi Habiskan 69 Ribu Liter Air

Dari angka itu, maka kebutuhan perbulan untuk 38.446 total jumlah penduduk Kota Masohi mencapai 69.202,800 Liter air.

TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Ilustrasi penggunaan air, untuk cuci tangan 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Maluku Tengah mencatat, satu orang di Kota Masohi menghabiskan rerata 60 liter perhari.

Dari angka itu, maka kebutuhan perbulan untuk 38.446 total jumlah penduduk Kota Masohi mencapai 69.202,800 Liter air.

Menurut Direktur PDAM Maluku Tengah Kace Pattiasina, dari sejumlah kategori pengguna jasa air PDAM di Masohi adalah pasokan air rumah tangga. Tertinggi setelah perkantoran dan pertokoan.

“Penggunaan paling banyak adalah untuk kebutuhan rumah tangga,” kata Kace kepada TribunAmbon.com, Senin (22/3/2021) siang.

Dia menjelaskan, berdasarkan standar kebutuhan pokok (SKP) rumah tangga yang tertuang dalam permendagri 71 tahun 2016, tarif penggunaan debit air per-rumah tangga sebanyak 10 meter kubik atau 10.000 liter. 1000 liter sama dengan 1 meter kubik. 

Namun, kenyataannya masih ada rumah tangga yang kadang menggunakan debit air melewati ketentuan SKP.

Baca juga: BI Maluku: 1 KTP Bisa Tukar 100 Lembar Uang 75 Ribu perhari

Karenanya, untuk mengantsipasi terjadinya kekurangan air, saat ini pihaknya tengah menyiapkan 3 titik potensi pengembangan sumber air dalam yang diperkirakan mampu melayani keseluruhan warga Masohi.

“Kita dapat hasil itu ada 3 titik potensi sumber daya air dalam yang sangat potensial guna mengatasi masalah keluhan masyarakat. Kami berharap upaya ini dapat terealisir dalam tahun ini, agar berbagai masalah klasik yang sering dikeluhkan pelanggan dapat teratasi,”ujar Kace.

Jumlah penduduk kota Masohi tahun 2020 terdata sebanyak 38.446 jiwa  dengan rincian, laki-laki 19.390 jiwa dan perempuan 19.056 Jiwa. Kota Masohi sendiri terletak di tepian Teluk Elpaputih di selatan Pulau Seram. 

Sebagian besar wilayah kota ini memiliki topgrafi berupa dataran rendah dengan ketinggian 0-110 Mdpl. Luas wilayah Kota Masohi adalah 37,30 km² atau 0.32% dari total wilayah Kabupaten Maluku Tengah. (*)

Penulis: Lukman Mukadar
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved