Breaking News:

Ambon Hari Ini

BI Maluku: 1 KTP Bisa Tukar 100 Lembar Uang 75 Ribu perhari

Direktur Eksekutif Informasi tentang BI, Erwin Haryono mengatakan uang bernilai Rp 75 ribu itu dapat ditukar maksimal 100 lembar per hari

Sumber : BI Maluku
Informasi Penukaran UPK 75 Tahun RI oleh Bank Indonesia, Senin (22/3/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Tidak  cukup 1 lembar per hari, kini Bank Indonesia (BI) memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan penukaran sebanyak-banyaknya Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun Republik Indonesia.

Direktur Eksekutif Informasi tentang BI, Erwin Haryono mengatakan uang bernilai Rp 75 ribu itu dapat ditukar maksimal 100 lembar per hari per 1 lembar KTP yang masih berlaku.

“Oleh karena itu, masyarakat yang telah melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI dapat kembali dan terus melakukan penukaran,” kata Erwin, Jumat (22/3/2021).

Lanjutnya, penukaran uang Rp 75 ribu lebih dari selembar ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memiliki uang bernilai 75 ribu per lembarnya itu.

Dia menjelaskan, penukaran uang dapat dilakukan dengan tata cara pemesanan dan penukaran yang sama dengan sebelumnya baik secara individu maupun kolektif di kantor perwakilan BI di wilayah masing-masing.

“Penukaran UPK 75 Tahun RI baik secara individu maupun kolektif dapat dilakukan di Kantor BI dengan tata cara pemesanan dan penukaran yang sama dengan mekanisme sebelumnya,” ungkapnya.

Baca juga: Tidak Dapat Slip Pembayaran, Mahasiswa Unpatti Ini Demo Seorang Diri

Baca juga: Pendeta Ini Gelar Dongeng Damai Kepada Anak Jalanan di Ambon

Pemesanan secara individu juga dapat dilakukan melalui laman website pintar.bi.go.id.

“Kemudian pilih tanggal penukaran yang sama dengan tanggal pemesanan (penukaran H+0) apabila pemesanan dilakukan sebelum pukul 11.30 waktu kantor BI setempat,” jelasnya.

Uang lembar Rp 75 ribu merupakan alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia dan dikeluarkan bertepatan Perayaan Hari Ulang Tahun RI ke 75 yakni 17 Agustus 2020 lalu.

BI menghimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran virus covid-19 saat melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI.

“BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam rangka mitigasi penyebaran Covid-19,” kata Haryono. (*)

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved