Breaking News:

Maluku Terkini

Dikunjungi Wamen ATR BPN, Warga Teon Nila Serua Ajukan Tiga Permintaan

Warga pun tidak menyia-nyiakan kesempatan bertemu dengan Tjandra. Tiga permintaan langsung dilayangkan warga kepada wakil menteri

TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Wamen ATR/BPN Surya Djandra bersama Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua saat melakukan pertemuan bersama warga di Kecamatan TNS, Maluku Tengah, Selasa (23/2/2021) 

Laporan Kotributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Kunjungan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Surya Tjandra di Maluku Tengah, Selasa (23/2/2021) disambut antusias warga Teon Nila Serua (TNS).

Warga pun tidak menyia-nyiakan kesempatan bertemu dengan Tjandra. Tiga permintaan langsung dilayangkan warga kepada wakil menteri;

  1. Kementerian ATR/BPN dapat membantu mereka berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk menggelar rekonstrusi ulang secara menyeluruh terhadap status dan kejelasan situasi tapal batas Kecamatan TNS. Termasuk batas desa dan Bidang-bidang tanah baik milik desa maupun lahan milik pribadi masyarakat yang ada Kecamatan Teon Nila Serua.
  2. Kementerian ATR/BPN membantu menerbitkan sertifikat hak milik kepada kurang lebih 2.500 Kepala Keluarga yang tersebar di 16 Negeri se-Kecamatan Teon Nila Serua yang telah menguasai bidang-bidang tanah baik pemukiman, Pekarangan, maupun lahan perkebunan tanpa dokumen sertifikat yang jelas lewat Progam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) dan atau program sejenis lainnya. 
  3. Kementerian ATR/BPN mendorong pemerintah untuk menyelesaikan persoalan persoalan sengketa lahan yang terjadi di Kecamatan Teon Nila Serua dengan Negeri-Negeri tetangga sebagaimana yang disebutkan sebelumnya.

    Baca juga: Kunjungi Maluku Tengah, Wamen Agraria Janji Selesaikan Masalah Lahan Warga TNS

“Akhir kata Kami atas nama Masyarakat Hukum Adat Teon Nila Serua Mengucapkan terima Terima kasih yang tulus serta Apresiasi dan Penghargaan yang tinggi Kepada Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo Menteri ATR/BPN termasuk mengapriasi kunjungan kerja Wakil Menteri Bapak Dr Surya Tjandra S.H, LL.M, di hari ini,” ucap Plt. Ketua latupati Kecamatan TNS, Yohannis Tewernussa.

Menanggapi permintaan itu, Wamen Tjandra mengatakan, masalah itu tak hanya menjadi urusan pemerintah pusat melainkan tugas bersama pemerintah daerah.

Tjandra meminta Bupati Abu Tuasikal dan Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu L Leleury untuk menaruh perhatian terhadap persoalan warga Teon Nila Serua.

“Karena mereka berdua saya pikir sangat paham dengan masalah, karena punya pengalaman bekerja di luar Maluku. Dan kalau ingin berbuat sesuatu saya kira sangat mampu, sangat bisa, tinggal bagaimana upayanya,” tandasnya. (*)

Penulis: Lukman Mukadar
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved