Breaking News:

Asrama Haji Transit Ambon

Didanai Rp61 M dari Surat Berharga Syariah Negara, Asrama Haji Ambon Bisa Dipakai Umat Agama Lain

Peresmian Asrama Haji Transit beberapa jam usai Sidang ke-38 Sidone Gereja Protestan Maluku (GPM) di Gedung Gereja Maranatha Ambon, Minggu (7/2)

Tribun Ambon/dok_kemenag_Maluku
PRASASTI GEDUNG - Empat prasasti peresmian proyek yang dibaiayan dari SBSN Kemenag RI, Gedung Kemenang Maluku, Gedung Asrama Haji, Aula MAN Seram Bagian Timur, dan Laboratorium. Peresmian oleh Sekjen Kemenag RI Nizar Ali dan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis meresmikan Gedung Wisma Muzdhalifah, Asrama Haji Transit Kota Ambon, Minggu (7/2/2021). 

Seremoni peresmian gedung berfasilitas modern ini dirangkaikan Silaturahmi Tokoh Lintas Agama se Provinsi Maluku.

AMBON, TRIBUNAMBON.COM -- Proyek revitalisasi Asrama Haji Transit Ambon, yang diresmikan Minggu (7/2/2021) kemarin, mengalokasikan dana Rp 61,1 Miliar dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2020/2021. 

Revitalisasi itu ditandai peresmian aula dan 144 kamar di Wisma Muzdhalifah.

Setelah peresmian dan pengoperasian, gedung yang bisa menampung  acara dengan 1000-an peserta ini juga diperuntukan bagi kegiatan umat dan organisasi keagamaan lainnya.

Seremoni ini hanya berselang beberapa jam usai sekjen menghadiri pembukaan Sidang Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) ke-38 di Gedung Gereja Maranatha Ambon, kawasan Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, pagi harinya.

Asrama Haji Transit Ambon terletak di Jl Dr Leo Watinena Gang Asrama Haji, RT.30/RW.09 Desa Weheru Baguwala, Waiheru, Baguala, Kota Ambon.

Gedung berlantai lima yang dilengkapi aula dan 144 kamar ini, ternyata juga diperuntukkan bagi publik, termasuk pemanfaatan kegiatan sosial keagamaan bagi umat agama lain.

“Silahkan gunakan gedung asrama haji ini untuk berbagai kegiatan (red: di luar kegiatan ibadah) bagi semua masyarakat dan agama,” kata Sektetaris Jenderal Kementerian Agama RI, M Nizar Ali saat meresmikan gedung yang bisa menampung 560 orang ini.

Menururnya, karena gedung ini juga diperuntukkan bagi agenda dan pertemuan keagamaan skala besar, sekaligus menunjukkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Maluku.

"Saya rasa inilah kekayaan luar biasa yang dipersembahkan untuk rakyat Maluku," ujar sekjen yang disambut suka cita sekitar 200-an tokoh agama dan masyarakat di Ambon dan Maluku.

Bandara Pattimura Dirancang Gantikan Peran Embarkasi Haji Makassar

Jalan Pattimura Ambon Ditutup Selama Sidang Sinode GPM ke-38, Berikut Jalur Alternatif

Seremoni peresmian gedung berfasilitas modern ini dirangkaikan Silaturahmi Tokoh Lintas Agama se Provinsi Maluku.

Gedung Wisma Musdalifah juga dilengkapi restoran, aula pertemuan, ruang transit, area parkiran, dan lift jumbo berdaya tampung 30 orang.  

Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Kakanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis meresmikan Gedung Wisma Muzdhalifah, Asrama Haji Transit Kota Ambon, Minggu (7/2/2021).
Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Kakanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis meresmikan Gedung Wisma Muzdhalifah, Asrama Haji Transit Kota Ambon, Minggu (7/2/2021). (Courtesy/ Humas Kemenag Maluku)

Pernyataan serupa juga dikemukakan Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail.

Mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Sekjen menyebutkan  Asrama Haji Transit Maluku sekaligus ditetapkan menjadi Embarkasi Haji untuk kawasan timur Indonesia.

Selama empat dekade, pemberangkatan (embarkasi) dan pemulangan (debarkasi) jamaah haji asal Maluku dan Maluku Utara, dan Papua ke Arab Saudi, selalu diberangkatkan dari Asrama Haji Makassar, Sulsel.

Sarana prasarana layanan Asrama Haji Transit Provinsi Maluku kini makin lengkap seiring diresmikannya gedung Muzdalifah. Bangunan seluas 8.500 M2 ini berdiri di atas tanah dengan luas 17.695 M2. 

Gedung Muzdalifah memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 650 jemaah, terdiri dari 114 kamar.

Menurut Nizar Ali, asrama haji di berbagai provinsi bisa digunakan oleh semua umat. 

Halaman
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved