Breaking News:

Panjat Tebing Maluku

Ternyata dari 34 Kota Provinsi di Indonesia, Ambon dan 3 Kota Lain Belum Punya Dinding Panjat Tebing

Kadis Pemuda dan Olahraga Maluku Sandi Wattimena, juga membenarkan di tahun 2022 nanti FPTI Maluku jadi tuan rumah kejurnas panjat tebing

Ternyata dari 34 Kota Provinsi di Indonesia, Ambon dan 3 Kota Lain Belum Punya Dinding Panjat Tebing
dok_panjat_tebing_FPTI_
ILUSTRASI - Konstruksi dinding panjat tebing jenis Boulder Wall di Senayan Jakarta. Konstruksi wall climb seperti inilah yang akan dibangun di Lapangan Merdeka Ambon, Maluku, tahun 2021.

Laporan Wartawan TribunAmbon.com: Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM -Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Maluku, awal tahun 2021 tengah mengajukan  izin pemanfaatan spot Lapangan Merdeka dan Pattimura Kota Ambon, sebagai lokasi proyek konstruksi olahraga dinding panjat tebing.

"Pak Jenderal (Gubernur Maluku Irjen Pol Murad Ismail) sudah setuju membangun international sport wall climb. Kita sementara ajukan surat izin pemanfaatan Lapangan Merdeka," kata Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) FPTI Maluku Rovik Akbar Afifudin usai pengukuhan pengurus FPTI Maluku di Pacific Hotel, Kota Ambon, Sabtu (6/2/2021).

Di seremoni itu juga terungkap ternyata Ambon dan tiga kota di 34 ibukota provinsi lain di Indonesia, belum memiliki wahana panjat tebing berkualifikasi interasional.

Selain Ambon, ibu kota Maluku, tiga kota provinsi lain Mamuju (Sulbar), Gorontalo dan Jayapura (Papua) juga belum memiliki sarana olahraga generasi millennial ini.

Maluku Jadi Tuan Rumah Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur Tahun 2022

Catat Janji Pejabat Maluku: Tahun Ini Maluku Punya Dinding Panjat Berstandar Internasional

Keprihatinan Ketua Pengprov FPTI Maluku ini juga dikonfirmasikan dari data resmi lansiran FPTI pusat di Jakarta.

Proyek pembangunan wahana olahraga sarat tantangan ini dimulai tahun 2021.

Rovik menyebut proyek walk climb kualifikasi internasional ini diharapkan rampung sebelum PON XX/2021 - Papua di Jayapura, November 2021.

Melalui Surat Keputusan  dari PP FPTI tentang Penetapan Peralihan Kuota Lolos PON XX/2021- Papua  2021, dan Maluku memperoleh satu kuota bersama dengan 4 provinsi lainnya Sumatera Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara.

"Bukan hanya itu, Maluku wall climb ini juga sekaligus mengkonfirmasikan kesiapan Ambon sebagai venue tuan rumah Kejuaraan Nasional Panjat Tebing, medio 2022 mendatang.

Saya sebagai Ketua FPTI Maluku yang baru dilantik, dapat pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, yakni sebagai tuan rumah kejurnas panjat tebing. Untuk itu dalam waktu dekat ini kita akan segera persiapkan event tingkat daerah mulai kejurda baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi,” ucap Affifudin yang juga anggota DPRD Maluku ini.

Penyerahan bendera oleh pengurus pusat FPTI kepada Ketua FPTI Pengprov Maluku, Rovik Akbar Afifudin, Sabtu (6/2/2021).
Penyerahan bendera oleh pengurus pusat FPTI kepada Ketua FPTI Pengprov Maluku, Rovik Akbar Afifudin, Sabtu (6/2/2021). (TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina)
Halaman
12
Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Nur Thamsil Thahir
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved