Breaking News:

Virus Corona di Ambon

Mulai Hari Ini, Wali Kota Ambon Tetapkan PSBB Transisi Tahap VI

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy hari ini, Senin (28/09/2020) menetapkan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ke-6.

(Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Insany)
Kedai Kopi Dolo di kawasan Jalan Sam Ratulangi Kota Ambon, Senin (28/09/2020) pengunjung duduk berhadapan dan menjaga jarak . 

Laporan Wartawan Tribunambon.com, Insany

TRIBUNAMBON.COM - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy hari ini, Senin (28/09/2020) menetapkan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ke-6.

Upaya ini merupakan percepatan penanganan covid-19 di Kota Ambon.

PSBB transisi tahap enam mulai berlaku Senin (28/9/2020) hingga dua pekan ke depan. 

Di PSBB tahap enam ini kata Wali Kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lebih memperketat pengawasan jarak tempat duduk di rumah makan, restoran dan rumah kopi.

Baca juga: 29 ASN di Pulau Buru Maluku Positif Covid-19 Termasuk Dua Pejabat

"Kita pastikan PSBB transisi dilanjutkan ke tahap enam, tetapi polanya bukan hanya masker saja, kita akan liat secara langsung terutama di rumah makan, restoran, rumah kopi soal jarak tempat duduk. Karena kita harus tetap menjaga jarak," kata Richard kepada Tribunambon.com, Senin (28/09/2020).  

Penerapan jaga jarak ini menurut Louhenapessy masih belum di jalankan masyarakat Kota Ambon. ‘’ Banyak yang sudah ikuti pakai masker, cuci tangan, tapi jaga jarak ini masih banyak yang melanggar,’’ jelas Louhenapessy. 

Padahal, kata Wali Kota, yang paling bahaya adalah soal jaga jarak, ‘’ jika diabaikan ini bahaya buat mereka, bersentuhan fisik dan tidak menjaga jarak itu bahaya, ‘’ cetusnya. 

Karena itu, penerapan PSBB kali ini, menurutnya akan diawasi lebih ketat, di  rumah makan, restoran, cafe-cafe dan rumah kopi jika melanggar langsung  diberikan sanksi sesuai dengan Peraturan Walikota Ambon yang telah ditetapkan.

"Sanksi yang kita berikan itu mulai dari teguran lisan sampai dengan sanksi denda,," jelasnya.

Meski kini Kota Ambon sudah naik status menjadi zona orange, namun Wali Kota bertekad untuk bisa mencapai zona kuning. 

Baca juga: Pasien Positif Terus Meningkat di Maluku, Dana Covid-19 Semakin Menipis

“Saya harap penerapan PSBB transisi tahap enam hingga dua pekan mendatang situasi covid-19 makin baik, maka dengan sendirinya Kota Ambon akan beralih dari zona orange ke zona kuning penyebaran Covid-19,’’ ujar Louhenapessy. 

Sementara itu pantauan Tribunambon.com di sejumlah café dan restoran di kawasan Jalan Sam Ratulangi sejumlah café  sudah menerapkan posisi duduk dengan menjaga jarak dengan meletakkan kursi hanya dua atau tiga pada satu meja. 

(*)

Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved