Breaking News:

Baper dengan Sampah Berserakan di Siwang Paradise, Komunitas Ini Lakukan Aksi Pembersihan

Founder Rumah BaPer mengatakan, komunitas ini dibangun atas dasar panggilan jiwa mereka untuk bisa membawa sebuah perubahan.

Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng
Komunitas BaPer melakukan aksi pembersihan di area destinasi wisata Siwang Paradise, Sabtu (19/09/2020). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Jika biasanya anak muda baper (red; bawa perasaan) untuk hal-hal yang berhubungan dengan urusan perasaan, berbeda dengan komunitas anak muda di Kota Ambon yang satu ini.

Kelompok anak muda ini menamai mereka sebagai Komunitas Rumah BaPer.

BaPer sendiri merupakan akronim dari Bawa Perubahan.

Founder Rumah BaPer mengatakan, komunitas ini dibangun atas dasar panggilan jiwa mereka untuk bisa membawa sebuah perubahan yang berarti bagi sekeliling.

“Saya dan teman-teman di komunitas ini baper dengan realitas yang terjadi di sekeliling kita termasuk dengan aktivitas yang sekarang sedang kami jalani ini,” ucap founder Komunitas Rumah BaPer, James Pattiani saat ditemui di lokasi aksi pembersihan di destinasi wisata Siwang Paradise, Gunung Nona, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Sabtu (19/09/2020).

Dari aksi pembersihan di sekitar kawasan destinasi wisata tersebut, Jemi dan rekan-rekan komunitasnya mengumpulkan sebanyak tujuh plastik sampah. Sampah tersebut didominasi oleh sampah plastik, berikut puntung rokok, aneka kemasan makanan dan minuman.

“Kita boleh foto pemandangan yang bagus tapi kalau sampah berserakan kan sama saja. Kita mau mempromosikan hal yang bagus tapi ternyata kita sedang berada di tengah-tengah sampah,”. Ujarnya.

Dia mengatakan, destinasi wisata merupakan salah satu tempat dimana bertumpuknya berbagai jenis sampah, terutama sampah plastik. Menurutnya, urusan sampah adalah masalah global. Sampah menjadi sulit ditangani dan memang tak ada habisnya, karena minimnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Komunitas BaPer melakukan aksi pembersihan di area destinasi wisata Siwang Paradise, Sabtu (19/09/2020).
Komunitas BaPer melakukan aksi pembersihan di area destinasi wisata Siwang Paradise, Sabtu (19/09/2020). (Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng)

Untuk itu, dalam rangka World Cleanup Day yang jatuh pada 15 September 2020, Komunitas BaPer melakukan pembersihan di kawasan destinasi wisata Siwang Paradise itu. Hal ini juga dilakukan agar anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas itu tetap produktif melakukan hal-hal yang mempunyai nilai positif di tengah masyarakat luas di Ambon.  

Halaman
12
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved