Jokowi Pastikan Model Rumah Tahan Gempa seperti di NTB Dibangun di Maluku

Jokowi paatikan rumah tahan gempa akan dibangun untuk para korban gempa di Maluku. Konsep tersebut sudah diterapkan di NTB.

Jokowi Pastikan Model Rumah Tahan Gempa seperti di NTB Dibangun di Maluku
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Jokowi paatikan rumah tahan gempa akan dibangun untuk para korban gempa di Maluku. Konsep tersebut sudah diterapkan di NTB. 

TRIBUNAMBON.COM - Presiden Joko Widodo memastikan konsep pembangunan rumah untuk para korban gempa di Maluku akan mengadopsi konsep rumah tahan gempa yang telah dibangun untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menurut Jokowi, konsep pembangunan rumah tahan gempa untuk para pengungsi korban gempa di Maluku akan ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Konsep rumahnya sama dengan NTB ya, konstruksinya akan diarahkan oleh Kementerian PUPR. Jadi konstruksinya yang tahan gempa,” kata Jokowi saat berdialog dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan pengungsi korban gempa di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (29/10/2019).

(Biro Pers Setpres)

 Tinjau Pengungsian, Jokowi Janjikan Rp 50 Juta untuk Korban Gempa Ambon yang Rumahnya Rusak Berat

Jokowi menyampaikan, pemerintah telah menyediakan anggaran untuk pembangunan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa di Maluku.

Ada pun untuk rumah yang mengalami rusak berat akan mendapat bantuan sebesar Rp 50 juta, untuk rusak sedang Rp 25 juta dan untuk rusak ringan Rp 10 juta.

Menurut Jokowi, anggaran tersebut akan segera ditransfer ke daerah, namun harus dilakukan sesuai dengan prosedur.

Kata Jokowi, pembangunan rumah tahan gempa akan dikerjakan oleh masyarakat karena sistemnya swakelola.

"Konsep rumahnya sama dengan di NTB, kontruksinya tahan gempa,” katanya.

Selain pembangunan kembali rumah-rumah warga yang rusak, sejumlah fasilitas umum yang mengalami kerusakan juga akan diperbaiki oleh pemerintah. Menurut Jokowi terkait kerusakan jumlah fasilitas umum, dia telah mendapat laporan dari gubernur Maluku.

Penyebab Caleg Gerindra Ini Dipecat Sehari Jelang Pelantikan Anggota DPRD Sulsel

Halaman
1234
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved