Breaking News:

Waspada! Mulai Hari Ini, Selama 4 Hari Kedepan Pesisir Maluku Berpotensi Dilanda Banjir Rob

BMKG merilis potensi banjir pesisir atau banjir Ron terjadi di wilayah pesisir Maluku selama empat hari.

ISTIMEWA
Ilustrasi - Waspada! Mulai Hari Ini, Selama 4 Hari Kedepan Pesisir Maluku Berpotensi Dilanda Banjir Rob 

TRIBUNAMBON.COM - BMKG merilis potensi banjir pesisir atau banjir Ron terjadi di wilayah pesisir Maluku selama empat hari.

Dalam keterangannya, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar mengatakan, untuk wilayah pesisir Maluku berpotensi banjir rob mulai hari ini, tanggal 21 - 24  Januari 2023, atau sekitar empat hari.

Ia menjelaskan, banjir rob berpotensi terjadi akibat adanya fenomena super new moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).

"Pada tanggal 21 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia," ujarnya

Daerah yang diwaspadai di antaranya, Pesisir Wilayah Seram Bagian Timur, Pesisir Selatan Pulau Seram dan Pesisir Pulau Ambon PP Lease.

Serta Pesisir Kep. Tanimbar, Pesisir Kep. Kai dan Pesisir Kep. Aru.

Ia pun meminta masyarakat selalu waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

"Bagi masyarakat yang beraktivitas di pelabuhan, maupun warga yang bermukiman di pesisir pantai, harus selalu waspada," pintanya.

Selain itu, ia juga meminta kepada para nelayan ketika fenomena Super New Moon untuk tidak melaut terlebih dahulu.

"Bagi para nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu," ujarnya.

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved