Breaking News:

Pemilu 2024

54 Anggota Panwascam di Maluku Tengah Dilantik, Ini Daftar per Kecamatan

Sahupala percaya Panwascam yang baru itu bisa menjalankan tugas dengan baik dalam mengawasi Pemilu 2024. 

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbom.com/Lukm
54 Anggota Panwascam se Maluku Tengah saat dilantik oleh Ketua Bawaslu Maluku Tengah, saat dilantik oleh Ketua Bawaslu Maluku Tengah, Risal Sahupala di Masohi, Sabtu (29/10/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRIBUNAMBON.COM - Sebanyak 54 orang Anggota Panitia Pengawas Pemilu kecamatan ( Panwascam ) se Kabupaten Maluku Tengah resmi dilantik.

Pelantikan berlangsung di Hotel Isabella Masohi, Sabtu sore (29/10/2022) dan dihadiri Asisten I Setda Maluku Tengah, Silviana Matemmu dan Koordinator Devisi SDM Bawaslu Maluku Stevin Melay

Ketua Bawaslu Maluku Tengah, Risal Sahupala melantik secara langsung 54 anggota Panwascam dari 18 kecamatan di daerah itu.

Sahupala percaya Panwascam yang baru itu bisa menjalankan tugas dengan baik dalam mengawasi Pemilu 2024. 

"Saya percaya saudara-saudari akan jalankan tugas (pengawasan pemilu serentak 2024) sebaik-baiknya," ujar Sahupala. 

Sahupala mengingatkan, fungsi Pengawasan tidak hanya dari Panitia Pengawas ataupun Bahwaslu, namun semua komponen masyarakat. 

Ia berharap, Panwascam yang baru dilantik bisa membangun sinergitas dan koordinasi dengan stakeholder lainnya di tempat tugas.  

"Panwascam menjadi mata dan telinga dalam proses pengawasan pemilu. Tahapan sudah jalan verifikasi faktual partai politik memang tidak ada pada Panwascam. Tapi karena kita punya keterbatasan maka bantu kami untuk melakukan verifikasi faktual partai politik. Saya juga berharap saat kembali, saudada-saudari harus berkoordinasi dengan stakeholder karena pengawasan pemilihan umum tak bisa hanya panwascam saja tapi dengan masyarakat," harapnya. 

Sementara itu Stevin Melay, dalam kesempatan itu juga mengingatkan agar puluhan Panwascam yang telah dilantik wajib hukumnya memahami tugas dan fungsi Pengawasan Pemilu. 

"Fungsi dan tugas panitia Pengawas Pemilu harus betul-betul dipelajari terutama Undang-undang Pemilu, PKPU,  aturan yang terkait dengan pengawasan agar bapa ibu tidak ditipu saat jalankan tugas," tandas Melay.

Melay juga mengingatkan kepada Panwascam bahwa pemilu serentak 2024  sangat mungkin terjadi kerawanan. 

"Proses pengawasan tidak mutlak milik kita. Sebagai komponen bangsa menjadi tugas kita melakukan pengawasan. Dengan cara praktek politik yang baik jujur, transparan dan adil," harapnya. 

Berikut daftar anggota Panwascam Se-Maluku Tengah yang dilantik: 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved