Breaking News:

Maluku Terkini

Tekan Inflasi di Maluku, Kota Tual Jadi Target Pasar Murah TPID Berikutnya

Operasi pasar murah tersebut, tambah Tauda, akan menjual produk-produk pemicu inflasi seperti Bawang Merah, Cabai, Sayuran, Minyak Kelapa dan lainnya.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com / Tanita
AMBON: Pasar Murah di Pasar Mardika Ambon pada 3 September 2022 lalu. Pemerintah Provinsi akan kembali menghadirkan pasar Murah di Kota Tual dalam upaya menekan inflasi di Maluku. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku akan kembali menghadirkan Pasar Murah dalam upaya menekan inflasi.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Ilham Tauda mengatakan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah ( TPID ) di Maluku menargetkan akan menghadirkan Pasar Murah di Kota Tual.

“Pasar sudah seminggu kita lakukan, kita lakukan di lima titik di Ambon dan target kita selanjutnya itu akan berpindah di kota Tual khususnya bahan-bahan pemicu bahan inflasi,” kata Tauda, Selasa (20/9/2022).

Operasi pasar murah tersebut, tambah Tauda, akan menjual produk-produk pemicu inflasi seperti Bawang Merah, Cabai, Sayuran, Minyak Kelapa dan lainnya.

Namun, tanggal pasti pelaksanaan Pasar Murah di Tual masih menunggu rapat koordinasi TPID bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail.

“Nanti kita rakor TPID dan technical meeting dengan pak gubernur dulu baru bisa ditentukan kapan pelaksanaannya,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar operasi pasar untuk menjual sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kota Ambon pada 6 September hingga 13 September 2022.

Ada lima lokasi Pasar Murah di Ambon yakni Pasar Mardika, Pasar Batu Merah, Pasar Gudang Arang, Pasar Wayame, dan Pasar Transit Passo.

Baca juga: Kendalikan Inflasi di Maluku, Pasar Murah di Ambon Bakal Berlangsung selama Sepekan

Data resmi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku menyebutkan untuk lokasi Pasar Mardika depan Bank Mandiri , Pasar Batumerah, Pasar Passo, Pasar Wayame dan Pasar Gudang Arang menyediakan komoditi yang dijual berupa Minyak Goreng sebanyak 25 karton dengan harga per liter Rp. 13 ribu dengan distriburtor PT. Trisamudra, Gula Pasir per Kilo dengan harga Rp. 13.500, Beras Premium per kilo dijual dengan harga Rp. 11 ribu dengan distributor PT. Perum Bulog Divre.

Sementara Telur per butir dijual dengan harga Rp. 1.900, Beras Medium per kilo dijual dengan harga Rp. 10.000, Bawang dijual dengan harga per kilo Rp. 23 ribu yang disediakan oleh distributor CV. Gema Rejeki dan Telur juga disediakan oleh distributor PT. Mitra Aneka Niaga.

Ketua TGPP Hadi Basalamah sebelumnya mengatakan, pihaknya menggelar operasi pasar sesuai instruksi Gubernur Maluku, Murad Ismail, kendalikan Inflasi dengan gelar operasi pasar.

"Operasi pasar digelar untuk menekan sejumlah kebutuhan yang sangat tinggi. Nah, ini yang ikut berkontribusi menaikan Inflasi. Ini langkah-langkah cepat yang komprehensif tekan harga kebutuhan di Kota Ambon secara khusus dan di Maluku secara umum," kata Basalamah.

Pihaknya memastikan, tak hanya Ambon, 10 Kabupaten Kota lainnya di Maluku juga akan dibuat Pasar Murah.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved