Breaking News:

Maluku Terkini

Polda Maluku Sebut Aksi Demo Tolak Kenaikan BBM Saat Jokowi Datang di Tual Tidak Sesuai Prosedur

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat mengatakan aksi demo itu tidak mengantongi ijin dari Polres Maluku Tenggara (Malra).

Tangkapan layar
Demo tolak kenaikan BBM saat kedatangan Presiden Joko Widodo di Tual dan Maluku Tenggara berakhir ricuh, Rabu (14/9/2022) sore. Sejumlah kader HMI dikeroyok hingga dilarikan ke rumah sakit terdekat. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Polda Maluku menyebut demo tolak kenaikan BBM bertepatan dengan kunjungan Presiden RI, Joko Widodo di Maluku Tenggara dan Kota Tual, Rabu (14/9/2022) tidak sesuai prosedur.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat mengatakan aksi demo itu tidak mengantongi ijin dari Polres Maluku Tenggara (Malra).

Polres Malra, dikatakannya, tidak menerbitkan Surat Tanda Pemberitahuan (STTP)/ijin untuk Unras lantaran pendemo memasukan surat pemberitahuan pada Selasa (13/9/2022).

Sementara aksinya dilakukan pada Rabu (14/9/2022).

"Pemberitahuan dari kelompok orang ini dimasukan kepada Polres Malra melalui Piket penjagaan hari Selasa, 13 September 2022 pukul 14.30 WIT, dengan isi pemberitahuan melaksanakan aksi Unras pada hari Rabu, 14 sampai 17 September 2022 pukul 08.00 sampai selesai, dengan jumlah massa 500 orang," kata Rum, Sabtu (17/9/2022).

Lanjutnya, Polres Malra tidak menerbitkan STTP/ijin, karena dinilai tidak sesuai dengan peraturan perundang-rundangan (UU) nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum/ Unras.

"Pada pasal 10 UU nomor 9 tahun 1998 itu bunyinya pemberitahuan untuk melakukan kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum/ Unjuk rasa disampaikan selambat lambatnya 3 x 24 jam sebelum kegiatan dimulai. Sementara mereka memasukan surat belum juga sampai 1 x 24 jam," kata Rum.

Baca juga: Demo Tolak Kenaikan BBM di Tual Saat Kedatangan Jokowi Ricuh, Mahasiswa Dikeroyok hingga Babak Belur

Baca juga: Dikeroyok Saat Demo Kenaikan BBM di Tual, Aktivis HMI Lapor Polisi

Di sisi lain, tambah Rum, aksi Unras tersebut tidak diijinkan karena seluruh personil sudah diploting untuk mengamankan kunjungan Presiden RI.

Sehingga tidak ada personil untuk mengamankan Unras tersebut.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved