Breaking News:

Pendidikan di Maluku

Ikut LPKBJJ, Ini Alasan Mahasiswa Baru Pilih Universitas Terbuka Ambon

Sebanyak 586 Mahasiswa Baru UT Ambon yang akan mengikuti LPKBJJ selama empat hari, hingga Minggu (11/9/2022) mendatang. Seorang Mahasiswa Baru, Fahri

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Universitas Terbuka Ambon
PENDIDIKAN: Universitas Terbuka (UT) Ambon mengadakan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) bagi Mahasiswa Baru secara Luar jaringan (Luring) di Amaris Hotel Ambon, Kamis (8/9/2022). 

AMBON, TRIBUNAMBON.COMUniversitas Terbuka (UT) Ambon mengadakan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) bagi Mahasiswa Baru secara Luar jaringan (Luring) di Amaris Hotel Ambon, Kamis (8/9/2022).

Sebanyak 586 Mahasiswa Baru UT Ambon yang akan mengikuti LPKBJJ selama empat hari, hingga Minggu (11/9/2022) mendatang.

Seorang Mahasiswa Baru, Fahri membeberkan alasannya memilih UT Ambon sebagai universitas tujuannya.

Menurut Fahri, dari namanya saja UT, artinya terbuka untuk siapa saja.

“Bisa menjangkau geografis, dari mana aja bisa kuliah di UT. Makanya itu namanya terbuka, jadi terbuka untuk siapa aja,” ucap Fahri saat diwawancara TribunAmbon.com di Amaris Hotel Ambon.

Fahri menyebutkan, dari sisi ekonomis juga dinilai sangat menguntungkan para mahasiswa.

Sebab, lebih murah jika Ia bandingkan dengan universitas lain di Ambon, Maluku.

Kemudian, tak kalah pentingnya, yakni lebih fleksibel.

“Di UT itu bisa membuat mahasiswanya mandiri, karena kami bisa mengatur sendiri jadwal perkuliahan kita, mengerjakan semuanya,” sebutnya.

Baca juga: Kuliah Lebih Fleksibel, Yuk Daftar Universitas Terbuka Ambon, Catat Jadwal Pendaftarannya

Adapun terdapat empat rangkaian kegiatan yang digelar para LPKBJJ 2022 ini.

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSBM) jadi agenda pertama yang diselenggarakan secara luring.

Kemudian, di hari kedua, Mahasiswa Baru akan mengikuti Pelatihan Keterangan Belajar Jarak jauh (PKBJJ).

Sementara dua hari terakhir diselenggarakan secara Daring Jaringan (Daring), dengan agenda Workshop Tugas (Assignment Workshop) dan Klinik Ujian (Examination Clinic).

Fahri mengaku, melalui kegiatan di hari pertama, dia lebih memahami seperti apa mekanisme pembelajaran di UT Ambon nantinya.

PENDIDIKAN: Direktur Universitas Terbuka (UT) Ambon, Adrianto saat di kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) bagi Mahasiswa Baru secara Luar jaringan (Luring) di Amaris Hotel Ambon, Kamis (8/9/2022).
PENDIDIKAN: Direktur Universitas Terbuka (UT) Ambon, Adrianto saat di kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) bagi Mahasiswa Baru secara Luar jaringan (Luring) di Amaris Hotel Ambon, Kamis (8/9/2022). (Courtesy / Universitas Terbuka Ambon)

Sementara itu, Direktur UT Ambon, Adrianto menuturkan, LPKBJJ bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keteranmpilan belajar yang mumpuni, sehingga mereka memiliki kemandirian dan kebertahanan yang dapat mendukung keberhasilan studi di UT.

“Kita tahu bahwa tidak mudah mengubah sistem pembelajaran dari yang tatap muka ke pembelajaran jarak jauh. Nah, di sini kita harus memberikan pemahaman belajar mandiri, bagaimana membaca sumber belajar, dan lain-lain. Supaya begitu masuk, mereka tidak hilang arah.

Dia pun menyarankan para calon Mahasiswa Baru UT Ambon, agar tidak ragu memilih UT Ambon sebagai universitas tujuan dengan alasan jarak, ekonomi, dan lainnya.

“Mari kita majukan Maluku melalui Pendidikan,” pungkas Adrianto.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved