Breaking News:

Mitan Langka

Christianto Laturiuw Minta Pemkot Ambon Matangkan Sosialisasi Konversi Minyak Tanah ke Gas Elpiji

Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw mengatakan, poin yang paling penting dari konversi minyak tanah ke gas elpiji adalah sosialisasi

Mesya
Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw saat diwawancarai terkait konversi minyak tanah ke gas elpiji, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana konversi minyak tanah ke gas elpiji.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw mengatakan, poin yang paling penting dari konversi minyak tanah ke gas elpiji, jangan hanya bersifat kebijakan.

Namun, Pemkot harus memastikan jika sosialisasi terkait konversi minyak tanah ke gas elpiji ini harus benar-benar matang.

Artinya kebijakan ini perlu diketahui masyarakat hingga lapisan paling bawah.

"Matangkan sosialisasi sebelum ini diberlakukan di Ambon. Sebab cukup sulit merubah kebiasan orang," kata Laturiuw kepada wartawan, Selasa (6/9/2022).

Menurutnya, beralih dari minyak tanah ke gas elpiji, juga akan pengaruhi faktor-faktor yang menentukan penghasilan dari masyarakat atau orang yang terbiasa menggunakan minyak tanah.

"Ya bisa saja. Sebab orang yang sudah terbiasa dengan minyak tanah tidak mungkin satu dua hari itu langsung pindah ke gas elpiji," sebutnya.

Baca juga: Warga Ambon Siap-siap, Pemerintah Bakal Alihkan Penggunaan Minyak Tanah ke Gas Elpiji

Politisi Gerindra itu menyatakan, jika ada kebijakan seperti itu, maka pemerintah pun harus berfikir soal dampak psikologis dari masyarakat.

Caranya, bukan dengan pemerintah membatasi penggunaan gas elpiji, tapi harus sudah lewati sosialisasi yang maksimal.

"Silahkan pakai gas elpiji, kita juga dukung. Tapi sosialisasi itu jauh lebih penting agar pemerintah bisa mengetahui keluhan masyarakat soal peralihan dimaksud," tandasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved