Breaking News:

Maluku Terkini

Rekor MURI Sajian 500 Olahan Sagu Bakal Warnai HUT Provinsi Maluku ke-77 Tahun 2022

Pemecahan rekor Muri HUT Provinsi Maluku yang dimaksud yakni sajian makanan olahan terbanyak dari bahan sagu. Plh. Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Le

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Konferensi Pers Rekor MURI Sajian Makanan olahan terbanyak dari bahan Sagu dan Pagelaran Seni dan Budaya Maluku dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke 77 tahun 2022, Senin (1/8/2022) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Provinsi akan kembali memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Maluku ke 77.

Pemecahan rekor Muri HUT Provinsi Maluku yang dimaksud yakni sajian makanan olahan terbanyak dari bahan sagu.

Plh. Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Le mengatakan ada 500 jenis sajian makanan olahan sagu yang ditampilkan.

“Kegiatan pemecahan rekor Muri dan pagelaran seni dan budaya akan digelar pada 20 Agustus 2022 di Lapangan Merdeka Ambon. Targetnya 500 makanan yang bahan dasarnya itu sagu,” kata Sadali di kantor Gubernur Maluku, Senin (1/8/2022).

Lanjutnya, kegiatan pemecahan rekor Muri ini menggandeng TP PKK Provinsi Maluku.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan Air Bersih tuk Warga Ambon, Bodewin Wattimena Rencana Gabungkan PDAM dan PT DSA

Baca juga: Pipa Milik PLN Diduga Bocor, Tak Ada Pengerjaan Jembatan di Kawasan Mangrove Teluk Ambon Hari Ini

"Seluruh rangkaian kegiatan HUT Provinsi Maluku ke 77 ini bekerja sama dengan TP PKK Maluku. Jadi kami bekerja sama-sama," lanjut Sadali.

Sementara itu, Meykal Pontoh mengatakan sebagai bahan pokok orang Maluku, Sagu sebenarnya dapat diolah jadi beragam menu makanan, tak hanya papeda dan sagu.

"Kita kaya bahan makan dalam hal ini pangan lokal, kita tidak tergantung pada beras saja. Bahkan sagu itu ketika diolah bisa menghasilkan 500 jenis resep. Begitu disajikan itu sudah melewati uji coba," kata Pontoh.

Disisi lain, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Luthfi Rumbia mengatakan resep olahan sagu telah melewati uji coba dan akan ada resep baru yang dikreasikan dari sagu.

"Jadi nanti bukan hanya ada olahan sagu seperti papeda saja, jadi ada menu-menu baru yang akan disajikan dengan bahan dasar Sagu," jelas Rumbia.

Rumbia melanjutkan, seluruh resep bekerja sama dengan 20 kelompok ibu-ibu yang ada di Ambon.

"Kita bekerja sama dengan TP PKK, nah nanti sekitar 20 kelompok ibu-ibu yang akan mengolahnya. Untuk sagu nya dari mana, itu terserah mereka mau beli dimana. Tapi sagunya berasal dari Pulau Ambon dan Seram," tandasnya.

Diketahui, selain pemecahan rekor Muri sajian terbanyak olahan sagu, Pemerintah Provinsi juga mengadakan pagelaran seni dan budaya.

Kegiatan yang bekerjasama dengan TP PKK Provinsi Maluku ini, juga akan mengadakan pameran yang diikuti oleh kurang lebih 75 UMKM di Maluku. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved