Breaking News:

Travel

Dibanding Wisatawan Lokal, Benteng Middelburg Ternyata Lebih Banyak Dikunjungi Turis Mancanegara

Menurut salah seorang warga yang rumahnya berada tepat di samping Benteng Middelburg, Dorthe Persunay, wisatawan yang datang didominasi dari Belanda.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Tanita
MALUKU: Benteng Middelburg di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Ambon, Sabtu (23/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Benteng Middelburg di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon ternyata lebih banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dibanding lokal.

Menurut salah seorang warga yang rumahnya berada tepat di samping Benteng Middelburg, Dorthe Persunay, wisatawan yang datang didominasi dari Belanda.

Sementara, warga lokal yang datang merupakan mahasiswa yang ditugaskan untuk penelitian atau tugas kuliah.

"Kebanyakan yang datang disini turis dari Belanda, atau mahasiswa-mahasiswa yang biasa datang. Kalau mereka datang biasa mereka tanya-tanya ke kami, karena rumah kan pas sebelah Benteng to," kata Persunay saat diwawancarai TribunAmbon.com, Sabtu (23/7/2022).

Persunay mengakui, tak banyak warga lokal yang tahu Benteng Middelburg, mengingat lokasinya yang berada di antara rumah warga.

Meski berbeda dari Benteng New Victoria maupun Benteng Amsterdam di Hila, Persunay hanya berharap, Pemerintah lebih memperhatikan dan merawat kondisi benteng tersebut dan tidak dibiarkan begitu saja.

Apalagi saat ini Benteng Middelburg sudah menjadi salah satu situs cagar budaya tingkat Kota.

Baca juga: Tersembunyi Diantara Rumah Warga, Ini Sejarah Benteng Middelburg di Negeri Passo Ambon

Sebelumnya hasil Kegiatan Studi Kelayakan Pemugaran Benteng Middelburg di Negeri Passo dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara juga menyatakan kondisi benteng sudah memprihatinkan dan butuh penanganan cepat.

"Yang penting semakin diperhatikan, jangan jarang-jarang datang bersih-bersih. Kita yang tinggal sekitar sini cuma bisa bantu bersih-bersih bagian benteng yang sekitaran kita saja," tandasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved