Breaking News:

Ambon Terkini

Jukir Rentan Celaka, CV Karya Sejahtera Terancam Diputus Kontrak dengan Pemkot Ambon

Nikijuluw mengatakan, para Jukir sangat rentan mengalami kecelakaan kerja, karena bekerja di jalan padat lalu lintas Kota Ambon.

Penulis: Jenderal Louis MR | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/ Alfin Risanto
Yoseph fernatyanan (66) tukang parkir di Kota Ambon. Anggota DPRD Kota Ambon, Lucky Upulatu Nikijuluw meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon tegas terhadap pihak pengelola parkir CV. Karya Sejahtera terkait jaminan sosial ke seluruh Juru Parkir (Jukir) yang ada di Ambon. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Anggota DPRD Kota Ambon, Lucky Upulatu Nikijuluw meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon tegas terhadap pihak pengelola parkir CV. Karya Sejahtera terkait jaminan sosial ke seluruh Juru Parkir ( Jukir) yang ada di Ambon.

Nikijuluw mengatakan, para Jukir sangat rentan mengalami kecelakaan kerja, karena bekerja di jalan padat lalu lintas Kota Ambon.

Untuk itu menurutnya, para jukir tersebut perlu didaftarkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan, sehingga mereka dapat terlindungi dengan jaminan sosial dimaksud.

"Ini penting, makanya kami minta Dishub koordinasikan ini ke pihak pengelola parkir sehinga jukir bisa masuk peserta BPJS ketenagakerjaan," kata Lucky Upulatu Nikijuluw kepada TribunAmbon.com, Kamis (14/07/2022)

Nikijuluw mengatakan, jika terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagkerjaan, maka Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) maupun Jaminan Kematian (JKM) para jukir dapat tertangani dengan baik.

Politisi PDIP itu menambahkan, komisi III telah melalukan rapat untuk mendengar pendapat bersama Dishub.

Dalam rapat itu, ada beberapa hal yang telah disampaikan menyangkut kewajiban CV. Karya Sejahtera untuk memberikan jaminan kepada para jukir.

"Para jukir harus dicover dengan beban biaya hanya Rp.14.200. Hal ini dirasa sangat perlu, karena pekerjaan juru parkir ini rentan sekali dengan kecelakaan," terangnya.

Baca juga: Tingkatkan PAD, Upulatu Nikijuluw Minta Dishub Perluas Zona Parkir di Ambon

Selain sebagai tenaga kerja lepas, kewajiban itu juga merupakan amanat Undang-undang (UU) ketenaga kerjaan yang wajib diberikan oleh perusahaaan yang memperkerjakan orang.

Sejauh ini, lanjutnya, CV. Karya Sejahtera sebagai rekanan belum memenuhi kewajibannya secara maksimal.

Salah satunya ialah memberikan jaminan sosial bagi jukir. Komisi III juga telah bersepakat untuk mendorong itu.

Bahkan, komisi juga berinisiatif mengundang Dishub untuk membicarakan perihal pemenuhan kewajiban itu oleh rekanan dalam hal ini CV. Karya Sejahtera.

"Kita juga akan mendesak, apabila tidak dilakukan maka kita usulkan kepada pemkot untuk melakukan putusan kontrak dengan mereka," tandasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved