Breaking News:

Ambon Terkini

Harga Bawang Merah Melonjak, Disperindag Ambon Diminta Operasi Pasar

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) diminta segera menggelar operasi pasar, akibat tingginya harga bawang saat ini. Kenaikan harga bawang, yak

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Mesya
AMBON: Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw meminta Dinas Indag segera operasi pasar untuk menjaga kestabilan harga bawang merah di Pasar Mardika Ambon, Selasa (21/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon diminta segera menggelar operasi pasar, akibat tingginya harga bawang merah saat ini.

Kenaikan harga bawang, yakni dari harga normal Rp38 ribu, kini menjadi Rp70 ribu per kilogram.

“Sekarang kalau kondisi seperti ini, dari Dinas Indag berkoordinasi saja dengan Penjabat Wali Kota langsung untuk bikin kegiatan operasi pasar saja. Artinya untuk mengembalikan harga bawang ke harga normal,” kata ketua Komisi II DPRD Ambon, Christianto Laturiw, Selasa (21/6/2022).

Kata dia, digelarnya operasi pasar sebagai bentuk dinas terkait menjaga kestabilan harga.

Dinas Indag Kota Ambon harus bisa monitoring perkembangan harga barang-barang di pasar sebagai bentuk kepedulian terhadap warga.

“Karena itu, Dinas Indag juga berkewajiban untuk memonitoring, sehingga ada kegiatan-kegiatan operasi pasar untuk bisa menjamin misalnya soal menjaga stabilitas harga barang. Kan ini juga berkaitan dengan kebutuhan warga masyarakat tentang apa yang mereka butuhkan untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” cetusnya.

Baca juga: Cuaca Ekstrem hingga Hama Picu Lonjakan Harga Bawang Merah di Kota Ambon

Diberitakan, cuaca ekstrem hingga wabah hama jadi faktor pemicu lonjakan harga bawang merah di Kota Ambon dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ambon, John Slarmanat, kenaikan harga bawang merah capai Rp 70 ribu per kilogram.

Padahal, hasil pantauannya pada 17 Juni 2022 lalu menunjukan harga bawa bawang mulai naik berkisari Rp 38 ribu hingga Rp 50 ribu per kilo gram.

Alhasil, pasokan stok bawang merah ke Ambon sedikit.

“Lalu katanya juga karena cuaca ekstrem itu ada berdampak kepada wabah hama sehingga berpengaruh terhadap gagal panen. Jadi dia mengganggu pasokan stok,” kata Slarmanat, Selasa (21/6/2022).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved