Breaking News:

Ambon Terkini

Cuaca Ekstrem hingga Hama Picu Lonjakan Harga Bawang Merah di Kota Ambon

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ambon, John Slarmanat, hasil koordinasi dengan distributor bawang merah, wabah hama m

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Tanita
AMBON: Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ambon, John Slarmanat. Menurutnya, harga bawang merah melonjak lantaran cuaca ekstrem dan juga wabah hama. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Cuaca ekstrem hingga wabah hama jadi faktor pemicu lonjakan harga bawang merah di Kota Ambon dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ambon, John Slarmanat, hasil koordinasi dengan distributor bawang merah, wabah hama muncul ketika cuaca ekstrem yang menyebabkan gagal panen.

Alhasil, pasokan stok bawang merah ke Ambon sedikit.

“Lalu katanya juga karena cuaca ekstrem itu ada berdampak kepada wabah hama sehingga berpengaruh terhadap gagal panen. Jadi dia mengganggu pasokan stok,” kata Slarmanat, Selasa (21/6/2022).

Lanjutnya, saat ini kenaikan harga bawang merah mencapai Rp 70 ribu per kilogram.

Perkara Camat Selaru Kepulauan Tanimbar Mulai Masuk Pengadilan, Jaksa Limpahkan Berkasnya

Padahal, hasil pantauannya pada 17 Juni 2022 lalu menunjukan harga bawa bawang mulai naik berkisari Rp 38 ribu hingga Rp 50 ribu per kilo gram.

“Memang kami dari tanggal 17 kemarin itu masih tertinggi dengan harga Rp. 50 ribu/Kg. Jadi dari terendah Rp. 38 ribu, dia tertinggi Rp. 50 ribu. Dan saat ini dia terendah sudah Rp. 65 ribu, dan tertinggi Rp. 70 ribu/Kg. Jadi memang agak tinggi,” jelasnya.

Slarmanat memastikan akan terus berkoordinasi dengan distributor guna mengendalikan harga bawang merah agar normal kembali.

“Kita sudah berkoordinasi itu nanti direncanakan minggu depan ini supaya kita bisa kendalikan harganya itu kembali,” tandasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved