Breaking News:

Maluku Terkini

Harga Tomat di Masohi Melonjak Drastis, Naik Sampai 100 Persen

Harga tomat di Pasar Binaya Masohi, Kabupaten Maluku Tengah mulai merangkak naik. Kenaikan bahkan tak tanggung-tanggung hingga dua kali lipat.

TribunAmbon.com / Lukman
Wa Ida, Penjual Tomat dan Cabai di Pasar Binaya tengah menjual dagannya di sudut Selatan Pasar Binaya Masohi, Maluku Tengah, Kamis (2/6/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Harga tomat di Pasar Binaya Masohi, Kabupaten Maluku Tengah mulai merangkak naik.

Kenaikan bahkan tak tanggung-tanggung hingga dua kali lipat dari biasanya.

Wa Ida, salah satu pedagang mengatakan, satu dari bahan pelengkap masakan ini mulai merangkak naik sejak empat hari terakhir hingga dua kali lipat dari Rp. 12.000 per kg jadi Rp. 25.000 per kg.

“Harga naik sudah dua hari ini. Satu kilo 25 ribu. Kemarin kemarin kan masih 12 ribu sekarang naik Rp. 25.000per kg,” kata Ida saat ditemui TribunAmbon.com di Lapak Jualannya, Kamis (2/6/2022).

Lanjutnya, karena mahal, para pedagang sayuran di pasar setempat menjual eceran bervariasi yakni lima sampai enam buah tomat dijual Rp. 5000.

Naiknya harga tomat, kata dia, disebabkan hasil panen mulai berkurang.

Baca juga: Dinsos Maluku Tengah Sebut Acamali Bukan Termasuk ODGJ, Yusuf; Hanya Ada 5 Orang di Masohi

Selain itu, pengambilan para pedagang bukan langsung dari petani melainkan melalui pengepul sehingga harga jual di pasaranpun menjadi naik.

"Katong kan sudah ambil dari tangan kedua jadi sudah sedikit mahal, kalau dari petani pengambilan 17, kalau dari tangan kedua sudah 20 jari kalau sampe dipasar kan penjualan jari mahal, karena selain mahal stok juga sekit," jelas dia.

Rerata tomat dan sayuran lainnya yang didagangkan di Pasar Binaya Masohi merupakan produksi lokal yakni dari Lecamatan Amahai, Kobisonta, Seti dan Lehitu-Salahutu.

"Ini pasokan Maluku Tengah saja, dari Haruo, petani di atas di Jalan Baru, Kobi Sonta," terangnya.
Sementara tomat naik harga, tambah dia,
Cabai rawit justru turun drastis, begitu juga bawang merah dan bawang putih yang kini dijual dengan harga normal.

"Cili kecil seng naik malah turun. Pengambilan 20, ual satu kilo Rp.25 ribu. Kalau cili besar masih tetap Rp.40 ribu, bawang merah bawang putih juga seng naik seng turun, satu kilo 30 dan 35 ribu," tutup dia.(*) 

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved