Breaking News:

MAluku Terkini

Pangdam Pattimura Diganti Mayjen Richard Tampubolon, Mayjen Bambang Ismawan Jadi Dankodiklat TNI

Jabatan Pangdam XVI Pattimura kembali mengalami pergantian. Panglima TNI menunjuk Mayjen TNI Richard Tampubolon sebagai Pangdam Pattimura yang baru.

Wartakota
Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI Mayjen TNI Richard TH. Tampubolon saat memimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Penanggulangan Anti Teror (Lat di Pelabuhan JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Alfin Risanto

AMBON,TRIBUNAMBON.COM -  Jabatan Pangdam XVI Pattimura kembali mengalami pergantian. Panglima TNI menunjuk Mayjen TNI Richard Tampubolon sebagai Pangdam Pattimura yang baru menggantikan Mayjen TNI Bambang Ismawan yang dimutasi sebagai Dankodiklat TNI.

Hal ini merupakan mutasi dan promosi jabatan Pangdam XVI Pattimura ketiga kalinya di tahun 2021.

Mutasi dan promosi jabatan itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1128/XII/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

SK itu tertanggal 6 Desember 2021 dan diteken Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah atas nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca juga: Murad Sebut Hena Hetu Berkontribusi Majukan Maluku; Banyak Lahirkan Tokoh Besar

Baca juga: Tentara dan Polisi Amankan Kedatangan Jenderal Andika Perkasa di Kota Ambon

Dalam SK tersebut menyebutkan bahwa Pangdam XVI Pattimura saat ini Mayjen TNI Bambang Ismawan akan dipindahtugaskan menjadi Dankodiklat TNI.

Untuk Jabatan yang ditinggalkanya akan diisi oleh Mayjen TNI Richard Tampubolon yang saat ini menjabat sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI.

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar, saat dIkonfirmasi membenarkan hal tersebut.

"Iya betul surat keputusan sudah keluar dari 6 Desember 2021 itu, ada mutasi Pangdam XVI Pattimura Mayjen Bambang Ismawan," ucapnya saat dikonfirmasi TribunAmbon.com, Rabu (8/12/2021).

Menurutnya, dalam suatu organisasi pasti ada mutasi jabatan dan ini merupakan hasil evaluasi jabatan dalam rangka pembinaan personil.

Untuk diketahui Richard Tampubolon merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 dari kecabangan infanteri. Kariernya banyak dihabiskan di Korps Baret Merah.

Setelah lulus, Richard mengabdi sebagai Pabandya Lid Sintel Makopassus.

Selanjutnya ditunjuk sebagai Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadangrup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Dangrup 2 Kopassus serta Dangrup 3 Kopassus tahun 2015.

Untuk penugasannya di luar Korps Baret Merah terjadi pada 2016 saat dia dipercaya sebagai Danrindam VI/ Mulawarman dan Danrem 023/Kawal Samudera tahun 2017.

Setelah itu, putra batak ini kembali ke Cijantung sebagai Wadanjen Kopassus dan pada bulan Juli tahun 2020 Richard ditunjuk sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI menggantikan Mayjen TNI Rochadi yang pensiun.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved