Breaking News:

Maluku Terkini

Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Ini Kata Kakan Kemenag Maluku Tengah

Peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam (SAW), atau yang biasa disebut dengan Maulid Nabi ini diselenggarakan pada bulan

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Kepala Kantor Kementerian Agama Maluku Tengah, M. Hanafi Rumatiga S.Ag. M.Pd. Masohi. Selasa (8/6/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam (SAW), atau yang biasa disebut dengan Maulid Nabi ini diselenggarakan pada bulan Rabiul Awal.

Maulid Nabi menjadi momentum bagi umat Islam untuk mensyukuri kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Menurut Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maluku Tengah, M. Hanafi Rumatiga, Maulid Nabi sudah dilakukan oleh umat Islam sejak tahun kedua Hijriah.

"Dalam perspektif Islam, kaum muslimin yang ada di Indonesia ketika memasuki bulan rabiul awal itu, masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan menyongsong atau memperingati hari lahir Nabi SAW," kata Rumatiga kepada TribunAmbon.com di Masohi, Rabu (13/10/2021).

Dikatakan, memperingati Maulid Nabi memiliki beberapa nilai dan makna.

Di antaranya, nilai spiritual, dengan mengungkapkan kegembiraan terhadap kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk cerminan rasa cinta dan penghormatan umat terhadap Nabi pembawa rahmat bagi seluruh alam.

"Jadi inti dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh ummat dalam Bulan Rabiul Awal itu adalah sebagi bentuk rasa cinta terhadap Baginda Nabi Besar Muhammad SAW," jelasnya.

Selanjutnya nilai moral, dapat dipetik dengan memahami akhlak terpuji dalam kisah teladan Nabi Muhammad SAW.

Mempraktikan sifat-sifat terpuji yang bersumber dari Nabi Muhammad SAW adalah salah satu tujuan dari diutusnya Nabi Muhammad SAW.

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved