Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Unju Orang Pas Paskali

"Seng boleh sabarang unju" (=jangan sembarang menunjuk/mengangkat), "bisa-bisa ale yang malu sandiri" (=bisa saja anda yang malu sendiri).

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Orang Erersin 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Unju orang pas paskali" (=menunjuk orang yang tepat).

Biasanya diucapkan ketika "orang yang dapa unju par karja tuh orang bae" (=orang yang ditunjuk untuk melakukan suatu pekerjaan itu adalah orang baik atau tepat orangnya).

"Seng boleh sabarang unju" (=jangan sembarang menunjuk/mengangkat), "bisa-bisa ale yang malu sandiri" (=bisa saja anda yang malu sendiri).

Biasanya ini menjadi semacam "isarat" (=isyarat/kode) dari orang tua supaya kita "unju orang yang pas".

Artinya "dong jua seng mau katong malu susah" (=mereka tidak mau kita malu atau susah), "tagal mau taru muka di mana kalu katong unju salah orang" (=karena pasti malu jika kita salah tunjuk orang).

"Jadi unju tuh yang bisa angka katong muka sadiki" (=jadi tunjuk yang bisa membuat bangga/mengangkat muka kita).

"Kalu unju orang yang pas" (=jika menunjuk orang yang tepat), "dia tar karja par diri sandiri" (=dia tidak bekerja untuk diri sendiri), "orang bae tuh manekat jadi jongos par orang banya pung bae" (=orang baik itu nekat bekerja laksana babu untuk kebaikan orang banyak).

Baca juga: Kuti Kata; Calaka Duablas

Baca juga: Kuti Kata; Jang Dengar Hasutan

"Kalu dapa unju, dia tau itu par karja, bukang par batanding, la sabang hari stel deng jengki, capatu manyala, dasi malintang" (=jika ditunjuk, ia tahu adalah untuk bekerja, bukan untuk bergaya setiap hari dengan celana panjang, sepatu mengkilat dan dasi melintang).

"Unju orang yang pas tuh tar susah" (=sebenarnya tidak susah menunjuk orang yang pas), "tagal orang yang pas tuh lia dari dia pung karja, bukang stori" (=karena orang yang tepat itu dilihat dari kerjanya bukan bicaranya).

"Yang cuma bicara tuh dorom kosong" (=yang hanya bisa berbicara itu tong kosong), "tabula bale deng yang karja" (=berbeda dengan yang suka bekerja).

"Jadi mau unju orang tuh, unju yang pas" (=jadi jika mau menunjuk seseorang untuk suatu tugas, tunjuklah orang yang tepat).

#Elifas Tomix Maspaitella

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved