Breaking News:

Nasional

Nadiem Imbau Siswa Berani Ambil Risiko dan Cari Teman yang Berambisi untuk Terus Capai Prestasi

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim memberikan sejumlah saran kepada para siswa agar bisa terus be

Editor: Adjeng Hatalea
Dok. Kemendikbud
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim memberikan sejumlah saran kepada para siswa agar bisa terus berprestasi.

Hal ini disampaikan Nadiem menjawab pertanyaan siswa yang menanyakan cara agar bisa sukses di usia muda dan terus berprestasi di acara bincang-bincang yang disiarkan di kanal Youtube Kemendikbud RI, Minggu (5/9/2021).

Pertama, Nadiem mendorong siswa mencari teman atau memiliki komunitas yang memicu untuk berprestasi. “Cari teman-teman yang sama-sama berambisi untuk menciptakan sesuatu atau mencapai prestasi di bidangnya,” kata Nadiem seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (6/9/2021).

Kedua, eks CEO Go-Jek ini mengimbau para siswa untuk yakin terhadap kemampuan dirinya dan tidak membiarkan orang lain menentukan masa depan mereka.

Menurutnya, musuh utama untuk meraih kesuksesan adalah suara dalam diri yang muncul dari luar. Ketiga, Nadiem mendorong para siswa berani mengambil risiko untuk melakukan hal-hal sulit meskipun memiliki peluang kegagalan yang besar.

“Lakukan sesuatu yang tidak nyaman karena dari situlah kita bisa terus berkembang sebagai orang yang berprestasi di bidangnya,” pesan Nadiem.

Selain itu, Nadiem meminta para siswa berprestasi untuk selalu otentik dan mengikuti potensi yang ada dalam diri masing- masing.

“Kita harus menekuni passion kita, hobi kita, saya yakin akan berprestasi di dalam bidang tersebut,” ujar Menteri.

Kegiatan bincang-bincang itu diadakan dalam rangka mengapresiasi para siswa berprestasi dari berbagai ajang kompetisi dan lomba yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Kemendikbud Ristek menyebut, ajang tersebut telah menghasilkan 2.309 talenta siswa berprestasi di tingkat nasional dan 68 raihan penghargaan tingkat internasional.

Nadiem pun berharap prestasi para pelajar tersebut yang mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional dapat menjadi inspirasi untuk banyak orang.

“Kita perlu lebih banyak inspirasi dan saya sangat senang sekali dibantu dengan prestasi kalian,” ujar Nadiem.

Di akhir dialog, Nadiem berpesan kepada semua siswa berprestasi untuk tetap semangat dalam melakukan yang terbaik. Sebab, menurut Nadiem, prestasi atau pencapaian tidak hanya sebatas medali atau juara prestasi.

“Prestasi sebenarnya adalah Anda sudah mengambil risiko untuk mengikuti kompetisi ini, keberanian untuk menerima kegagalan atau kemenangan. Itu sebenarnya prestasi yang terpenting,” tutup Nadiem.

(Kompas.com / Rahel Narda Chaterine / Dani Prabowo)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved