Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Jang Maniso La Jadi Enternereng Dosa

"Dong kas' basar anana bukang deng makanang mar pasang" (=mereka membesarkan anak bukan dengan makanan melainkan nasehat

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Buang sesuatu 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Orangtotua sapa yang mau kas' tinggal anana sangsara" (=orangtua siapa yang mau membiarkan anaknya susah).

"Dong kas' basar anana bukang deng makanang mar pasang" (=mereka membesarkan anak bukan dengan makanan melainkan nasehat).

Di antara sekian banyak nasehat, "jang iko aros dunya" (=jangan mengikuti arus dunia) merupakan salah satu yang penting, "sebab tahela deng galombang dunya salah slak la jadi enternereng dosa.

Itu mot iko, tar salamat" (=karena membiarkan diri hanyut dalam gelombang dunia, membuat kita menjadi tawanan dosa. Maut membuntuti, dan kita tidak selamat).

"Orangtotua tuh cuma mau eso lusa anana samua salamat" (=orangtua hanya mengingini anaknya kelak selamat).

"Di dunya nih mau biking apa yang labe?" (=Di dunia ini, kita hendak melakukan apa?).

"Jang haga-haga la gagawang bodo-bodo, satu huri di badang tuh tar ilang sampe selamanya amin" (=jangan coba-coba lalu terlalu berani bertindak, sebab satu tanda luka di badan tidak hilang selamanya).

"Bawa diri babae, jadi enternereng dosa tuh tar untung apapa sadiki lai" (=milikilah pembawaan diri yang baik karena menjadi tawanan dosa itu tidak ada untung apa pun).

Pada pesan ini, "orangtotua jua mau eso lusa anana salamat" (=orangtua juga menghendaki kelak anaknya selamat).

"Jadi ingatang. Bisa biking sagala rupa macang dalang hidop nih, mar satu yang tar boleh deng nanala paskali tuh, biking Antua di atas marah" (=jadi ingat. Anda bisa melakukan segala sesuatu dalam hidup ini, tetapi satu yang tidak boleh sama sekali yakni membuat Tuhan marah).

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved