Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Lia Anana Yatim Piatu Lae

Dong pung orangtotua su tar ada, hidop sabatangkara" (=orangtua mereka sudah tiada, hidupnya sebatangkara),

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Biji kenari di piring 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Ingatang! Musti lia anana yatim piatu lai" (=ingatlah! Haruslah kau perhatikan anak-anak yatim piatu juga).

"Dong pung orangtotua su tar ada, hidop sabatangkara" (=orangtua mereka sudah tiada, hidupnya sebatangkara), "panongka su patah kiri kanang" (=tidak ada penopangnya lagi), "jadi kalu katong tar lia dong la sapa?" (=jadi kalau kita tidak memperhatikan mereka, siapa lagi?).

"Apalai, sio dolo-dolo, biar deng kurang-kurang, dong pung papa deng mama tuh tulung sagala rupa macang orang" (=apalagi, dahulu, walau dengan keterbatasannya, papa dan mama mereka suka menolong siapa saja).

"Asal bilang sa, tetap dong dua front muka" (=asal dibilang saja, mereka tampil di depan).

"Baru karja seng tau brekeng lala la sondor sungutan apapa paskali" (=lalu bekerja tanpa memperhitungkan apa pun dan tanpa pernah bersungut/mengeluh).

"Anana tuh kalu katong lia dong, berkat tar kurang" (=anak-anak itu bila kita memperhatikan mereka, tidak akan berkekurangan).

"Jang lupa, dong pung bageang ada di samua yang katong tarima" (=jangan lupa, bagian mereka ada dalam apa yang kita terima), "jadi musti kasi" (=jadi harus diberikan), "tagal tahang akang jua mau isi di mana?" (=Karena kita menahannya pun, mau dimasukkan ke mana?).

Ungkapan ini sebenarnya bermakna "jang makang sandiri" (=jangan makan sendiri), "kasih apa yang jadi anana yatim piatu pung bageang" (=berilah apa yang menjadi bagian anak yatim piatu).

"Kalu ale biking itu tida, eso lusa ale tampa kaki babunga" (=jika anda melakukan hal tersebut, kelak jejak anda mengeluarkan berkat).

"Ale anana cucu tar susah eso lusa" (=anak cucumu tidak akan kesusahan di kemudian hari).

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved