Breaking News:

Ambon Hari Ini

Mahasiswanya Jadi Tersangka UU ITE, Rahawarin; Berikan Dia Edukasi, Masa Depannya Masih Panjang

Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Yunus Rahawarin angkat bicara terkait penangkapan salah satu mahasiswanya, Risman Soliss

Ode Dedy Azis
Wakil dekan III Fisip Unpatti, Yunus Rahawarin saat diwawancarai di Gedung Fisip Unpatti, Rabu (28/7/2021) siang. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Yunus Rahawarin angkat bicara terkait penangkapan salah satu mahasiswanya, Risman Solissa.

Risman ditangkap dan ditetapkan menjadi tersangka ujaran kebencian karena mengunggah ajakan demo copot Presiden Joko Widodo, Gubernur Maluku dan Walikota Ambon.

Menurutnya, penangkapan Risman merupakan konsekuensi atas postingannya yang mengandung unsur ujaran kebencian terhadap pihak tertentu.

"Sudah menjadi konsekuensinya sebagai aktivis yang mengunggah gambar bernada provokatif," ujar Rahawarin kepada TribunAmbon di Gedung Fisip Unpatti, Jl. Ir. M. Putuhena, Ambon, Rabu (28/7/2021) siang.

Baca juga: Serukan Demo Copot Jokowi, Mahasiswa Unpatti Terancam 6 Tahun Bui, Disebut Sebar Ujaran Kebencian

Rahawarin mengatakan, demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan hal yang wajar, selama masih mematuhi hukum yang berlaku.

"Sah-sah saja mereka melakukan demo tapi perhatikan juga koridor-koridor hukum oleh pihak kepolisian," kata dia.

Namun, Rahawarin berharap pihak kepolisian dapat memberikan bimbingan dan edukasi kepada Risman yang telah ditetapkan menjadi tersangka.

Menurutnya, Risman Soulissa masih memiliki masa depan yang panjang, kiranya hal tersebut dapat diperhatikan dengan baik oleh pihak kepolisian.

"Kami menyerahkan sepenuhnya proses hukum oleh pihak berwajib, tapi kami berharap agar yang bersangkutan jangan sampai harus dipenjarakan apalagi sampai 4 atau 6 tahun. Perhatikan juga masa depannya, dan keluarga, biarkan dia meminta maaf kemudian kembali untuk melanjutkan perkuliahannya," tandasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved