Breaking News:

Cuaca Ekstrem Maluku

Wakil Rakyat Segera Koordinasi Penanganan Jalan Rusak di Depan SMA 13 Ambon

Ia mengatakan akan segera menghubungi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Maluku Bidang Bina Marga

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
Mesya Marasabessy
Kerusakaan jalan raya di Kawasan Jalan Jenderal Sudirman semakin parah. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku, Hatta Hehanussa memastikan akan segera melakukan koordinasi untuk penanganan jalan rusak di depan SMA 13 Ambon, Jalan Jenderal Sudirman, Batu Merah, Sirimau, Kota Ambon. 

Ia mengatakan akan segera menghubungi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Maluku Bidang Bina Marga untuk mengetahui status jalan rusak itu. 

"Kita cek dulu itu status jalannya Provinsi atau Kabupaten/Kota, nanti saya koordinasi dengan Bina Marga PUPR Maluku," kata Hatta Hehanussa saat dihubungi TribunAmbon.com melalui sambungan telepon, Minggu (25/7/2021) siang. 

Lanjutnya, setelah mengetahui status jalan rusak itu, baru bisa dipikirkan langkah-langkah penanganan apa yang nantinya dilakukan. 

Baca juga: Kondisi Jalan Rusak Depan SMA 13 Ambon Makin Parah

"Kalau sudah tahu status jalannya apa baru kita bisa dilakukan langkah-langkah penanganan. Entah penanganannya mungkin bisa digunakan dari sumber dana bencana atau bagaimana," ujarnya. 

Sambil menunggu hasil koordinasi, ia meminta perlu adanya sikap proaktif dari RT/RW setempat selaku penanggung jawab. 

"Kalau belum ada penanganan, kita harapkan harus ada sikap proaktif dari pada RT/RW setempat untuk coba berkoordinasi dan mengajukan surat kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai tanggap darurat terhadap kondisi yang ada di lapangan saat ini," pintanya. 

Diberitakan sebelumnya, sektiar pukul 08.30 WIT, Rabu (14/7/2021), bibir jalan di kawasan Kampung Kisar, Kota Ambon amblas sedalam satu meter. 

Penduduk setempat menduga kejadian itu lantaran lapisan tanah terkikis hujan yang terus mengguyur Kota Ambon beberapa pekan terakhir.

Sementara, berdasarkan pantauan TribunAmbon.com, Minggu (25/7/2021) siang, kerusakan jalan itu semakin parah dan cukup menyulitkan bagi para pengendara yang melintasi kawasan itu. 

Pasalnya, kondisi permukaan jalan banyak didapati kerusakan mulai dari berlubang, retak, hingga beton yang mulai pecah hingga menimbulkan permukaan jalan tidak rata.

Hanya kurang lebih hanya satu meter saja jalan yang masih utuh untuk bisa dilalui kendaraan.(*) 

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved