Breaking News:

Lawan Covid19

Pemerintah Segera Lakukan Testing dan Tracing Besar-besaran, PPKM Akan Dilonggarkan Setelahnya?

Juru Bicara Kemenko Maritim dan Investasi, Jodi Mahardi, mengatakan, pemerintah akan segera melakukan testing dan tracing secara besar-besaran.

Editor: Citra Anastasia
freepik
Ilustrasi virus corona. 

TRIBUNAMBON.COM - Juru Bicara Kemenko Maritim dan Investasi, Jodi Mahardi, mengatakan, pemerintah akan segera melakukan testing dan tracing secara besar-besaran.

Dua langkah antisipasi penularan Covid-19 itu dilakukan di wilayah yang dianggap tidak mengimplementasikan tahap-tahap tersebut dengan baik.

Dalam Siaran Pers PPKM yang ditayangkan dalam kanal YouTube Lawan Covid-19 ID, Rabu (21/7/2021), Jodi mengayakan pemerintah mengerahkan TNI, Polri, hingga Satgas Penanganan Covid-19 untuk menerapkan testing dan tracing.

"Baik TNI dan Polri didukung oleh Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-199 di BNPB akan memimpin pelaksanaan testing dan tracing ini. Gerakan kerelawanan akan terlibat dalam kegiatan ini," kata Jodi.

Jodi juga memastikan, pemerintah telah mengidentifikasi setidaknya belasan ribu relawan yang bergabung dengan bidang perubahan perilaku ini.

Tentunya, masih ada ribuan lainnya yang bergabung dengan organisasi relawan lainnya.

"Sistem testing dan tracing yang masif akan siap dalam waktu dekat," jelasnya.

Baca juga: KSP Ajak Masyarakat Tangani Pandemi Covid-19 Bersama Pemerintah, Cerminkan Nilai Gotong Royong

Sementara, apabila ditemukan kasus positif dari testing dan tracing di lapangan, kata Jodi, mereka akan dibawa ke pusat-pusat isolasi yang sudah dibuat oleh pemerintah.

"Dimana mereka akan mendapat penanganan dan diberikan obat-obatan gratis yang dijamin oleh pemerintah dan apabila yang terkena adalah kepala keluarga maka keluarga tersebut akan diberikan bantuan sosial oleh pemerintah guna meringankan beban mereka," jelasnya.

Lantas, apakah testing dan tracing ditindaklanjuti dengan melonggarkan PPKM?

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, dalam Siaran Pers PPKM di kanal YouTube FMB9ID_IKP pada Rabu (21/7/2021).
Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, dalam Siaran Pers PPKM di kanal YouTube FMB9ID_IKP pada Rabu (21/7/2021). (Kanal YouTube FMB9ID_IKP)

Baca juga: Sampai Kapan PPKM Darurat Diperpanjang? Begini Penjelasan Pemerintah

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved