Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Jang Talingang Tipis Talalu

"Di dunya nih banya orang tar suka dia pung sudara sandiri" (=di dunia ini

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Remote dan Animasi 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Seng samua orang tuh salah" (=tidak semua orang bersalah), "jadi jang dengar stengah-stengah" (=jadi jangan mendengar informasi yang tidak utuh), "deng jang mau dapa hasut" (=jangan mau dihasut).

"Di dunya nih banya orang tar suka dia pung sudara sandiri" (=di dunia ini banyak orang yang tidak senang/benci dengan saudaranya sendiri), "lalu tusu mulu sasabarang" (=lalu memberi informasi yang salah), "supaya sudara tuh dapa susah" (=agar saudara itu susah).

"Lalu kalu tuan-tuan dosi dong tuh tarima mantah-mantah, tar brapa lama smua orang dapa loko" (=dan jika para pembesar itu percaya begitu saja, semua orang bisa ditangkap). "Yang bagini-bagini nih yang dunya mau kaco" (=cara seperti ini yang membuat kekacauan).

"Kalu ada tar sanang sa'orang, la tusu mulu sasabarang, mo orang dapa loko tar brenti" (=jika tidak suka seseorang, lalu melaporkan hal yang tidak benar, maka banyak orang ditangkap).

Baca juga: Kuti Kata; Calaka Duablas

Baca juga: Kuti Kata; Pikir Eso Lusa Lai

"Jadi yang tar boleh katong biking tuh" (=jadi yang tidak boleh kita lakukan itu:)

Satu: "jang suka tusu mulu sasabarang" (=jangan suka memfitnah/melaporkan hal yang tidak benar). Jika anda "piara kalakuang ini" (=berperilaku seperti ini) itu sama saja "ale suka cari hal dengan semua orang" (=anda suka cari masalah dengan semua orang).

Dua: "jang talingang tipis" (=jangan telinga tipis). Ini ungkapan yang menerangkan ada orang yang tidak menyaring informasi, lalu langsung percaya.

Malah tidak konsisten karena "sapa yang bisi-bisi laste, itu yang dia dengar" (=siapa yang terakhir membisiki, itu yang didengar).

Tiga: "jang asal loko, tagal seng samua tuh salah" (=jangan main tangkap, karena tidak semua orang salah).

"Coba skali-skali dengar dong lai" (=sesekali, dengarlah juga apa kata mereka).

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved