Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Pi Saja Mau Takotang Apa?

Ungkapan ini sering disampaikan oleh orangtua, "pas suruh ana pi ka sudara pung rumah ka seng

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Menyeberangi lautan gunakan longboat 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Pi saja! Mau takotang apa?" (=Pergi saja. Apa yang mau ditakuti?).

Ungkapan ini sering disampaikan oleh orangtua, "pas suruh ana pi ka sudara pung rumah ka seng ka satu tampa bagitu" (=ketika menyuruh anaknya untuk pergi ke salah satu rumah saudara atau suatu tempat tertentu).

Sebab kadang "anana tuh takotang bodo-bodo" (=terkadang ada sesuatu yang ditakuti oleh anaknya).

Ada yang "taku seorang tete atau nene" (=takut terhadap seorang kakek atau nenek), dan di hampir semua kampung "ada sa tete ka nene yang suka biking takotang anana" (=ada saja seorang kakek atau nenek yang suka menakut-nakuti anak-anak).

Atau di rumah itu ada "papa-papa yang satu kampong tau antua kajahatang biji ruku paskali" (=seorang bapak yang sifatnya kasar sekali).

Atau jika ke suatu tempat, seperti kebun atau pantai, kadang di lokasi itu "ada carita yang biking taku samua orang" (=ada cerita tertentu yang menjadi momok untuk semua orang).

Baca juga: Kuti Kata; Angka Muka La Lia, Biar Tau

Baca juga: Kuti Kata; Mari Rapat Kamari

Misalnya "di situ ada setang blakang balobang" (=di situ ada setan) atau "ada orang potong kapala" (=ada penjagal).

Terkadang orang tidak mau pergi menjalankan tugas tertentu pula karena "akang jao" (=tempat itu jauh), "seng kanal sapa-sapa di situ" (=tidak ada sanak saudara di situ), "akang talalu jao bajalang kaki/nai kapal bahari-hari baru sampe" (=letaknya jauh, harus berjalan kaki/berlayar dengan kapal berhari-hari baru tiba), atau "di situ galombang basar-basar" (=di situ ombaknya besar).

"Di oras ini jua ada yang tar mau pi tagal tar ada signal telepon" (=saat ini ada yang tidak mau ke suatu tempat karena tidak ada signal HP).

Situasi-situasi seperti itu sering "biking anana taku par pi waktu dapa suruh" (=membuat anak-anak takut pergi ketika disuruh), atau "timbang-timbang sagala rupa" (=penuh banyak pertimbangan).

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved