Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Deng Antua Pung Sayang

"Tar ada yang kurang" (=tidak ada yang kurang) karena "Antua su taru di sagala tampa" (=Tuhan telah meletakkannya di semua tempat).

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Labuang, Kepulauan Aru 

TRIBUNAMBON.COM - "Deng Antua pung sayang samua su jadi seng sagala bae" (=karena kasih sayang Tuhan semua sudah berlangsung/terjadi dengan baik).

"Tar ada yang kurang" (=tidak ada yang kurang) karena "Antua su taru di sagala tampa" (=Tuhan telah meletakkannya di semua tempat).

Jadi "apapa yang katong parlu tuh su ada" (=apa pun keperluan/kebutuhan kita, semuanya sudah ada/tersedia). "Di ewang biru-biru, ada.

Di dusung, di lao samua ada deng limpah" (=di hutan, di dusun, di lautan, semua ada dengan limpahnya). Itu "samua tagal Antua pung bae" (=semuanya karena kasih sayang Tuhan).

"Deng Antua pung sayang, katong salamat. Timor seng untung, Barat seng biking binasa" (=karena kasih sayang Tuhan, kita selamat. Musim timur tidak menang atas kita, musim barat pun tidak membinasakan kita).

Karena itu "Antua su kasih kira-kira" (=Tuhan sudah memberi hikmat), jadi sebelum musim-musim tersebut tiba "katong su tau tanoar" (=kita sudah mengetahui tandanya) dan sudah mempersiapkan segala kebutuhan sebelum tiba masa-masa tersebut.

Baca juga: Kuti Kata; Mau Biking Susah Sapa

Baca juga: Kuti Kata; Ungkel

"Deng Antua pung sayang, katong samua tapiara" (=karena kasih sayang Tuhan, kita semua terpelihara).

"Tidor malam, bangong pagi, pi karja, pulang seng kosong" (=tidur malam, bangun pagi, pergi kerja pulang tidak dengan tangan kosong/membawa hasil).

"Deng Antua pung sayang, katong samua ada bae-bae" (=karena kasih sayang Tuhan, kita semua hidup dalam keadaan baik/damai/sehat/bahagia). Jadi kasih sayang Tuhan juga tampak dalam kualitas hidup "rumahtangga".

"Deng Antua pung sayang, samua bisa jadi deng sagala bae". Jadi "biking babae" (=kerja yang baik). Karena "biar deng kurang-kurang, musti angka syukur saja par Antua pung bae" (=walau sederhana, bersykurlah karena kebaikanNya).

#Elifas Tomix Maspaitella 

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved