Breaking News:

Maluku Terkini

Sambut Blok Masela, Murad; Kapasitas dan Kualitas SDM Perlu Kita Siapkan

Dia pun meminta masyarakat, termasuk lembaga pendidikan untuk berpartisipasi dengan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

TribunAmbon.com/ Mesya Marasabessy
Rapat Koordinasi Pengawasan Interen Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021 di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Rabu (3/6/2021) pagi. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Gubernur Maluku, Murad Ismail pastikan penyerapan tenaga kerja lokal dalam pengelolaan Blok Masela yang direncanakan mulai dieksploitasi 2027 mendatang.

Dia pun meminta masyarakat, termasuk lembaga pendidikan untuk berpartisipasi dengan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Jadi, penguatan kapasitas dan kualitas SDM-nya perlu kita siapkan dengan matang melalui program pendidikan yang berkualitas baik ditingkat menengah, kejuruan maupun perguruan tinggi," kata Murad Ismail dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Pengawasan Interen Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021, di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Rabu (3/6/2021) pagi.

Murad pun optimis, Blok Masela akan memberi kontribusi besar bagi pembangunan di Maluku, terlebih sektor ekonomi masyarakat.

"Dalam pengelolaan blok masela nantinya, saya meminta agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi sebagai tenaga kerja yang diikutsertakan dalam proses eksplorasi dan eksploitasi nantinya," kata Murad.

Lanjutnya, untuk menyambut hal itu, pemerintah provinsi sebutnya telah mengambil langkah cepat dengan membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang nantinya akan mewakili Pemprov Maluku dalam pengelolaan Blok Masela.

Baca juga: Malam Ini, Traffic Light di Jalanan Kota Ambon Diperbaiki

Baca juga: BMKG Ambon Prediksi Musim Hujan Berlangsung hingga September, Puncaknya Juli Mendatang

Kemudian, akan terus melakukan evaluasi dan deteksi dini terhadap permasalahan yang mungkin dihadapi kedepannya agar berbagai targetan dapat tercapai.

"Dalam momentum ini, saya harap dapat menghasilkan  pemetaan pengawasan dan evaluasi terhadap pembangunan di bidang pertambangan dan adanya rekomendasi terkait langkah antisipasi yang berpotensi yang menghambat dan bahkan menggagalkan pembangunan dimaksud," tutur Gubernur.

Diketahui, selain blok masela, terdapat sejumlah potensi pertambangan lainnya di Maluku berupa bahan galian bernilai tinggi seperti logam dasar, mika, pasir kuarsa dan nikel.

"Maluku memilki 16 cadangan migas yang memiliki potensi pengembangan sebagai cadangan energi nasional untuk jangka panjang," tandas Gubernur. (*)

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved