Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Waspada, Puncak Musim Hujan di Maluku Juli Mendatang

Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Ambon memprediksi puncak musim hujan di Maluku diprakirakan terjadi pa

Grafis Tribunnews.com/Juna Putuhena
Ilustrasi prakiraan cuaca. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Fandi Wattimena

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Ambon memprediksi puncak musim hujan di Maluku diprakirakan terjadi pada bulan Juli 2021.

Sementara itu, musim hujan diprediksikan berakhir September mendatang.

“Puncak musim hujan bulan juli dan akan terjadi hingga September,” ujar Sub Koordinator Seksi Observasi dan Informasi BMKG, Wilhelmina Paays kepada TribunAmbon.com, Rabu (2/5/2021) siang.

Dia menjelaskan, di musim hujan, curah hujan berpotensi terjadi dalam tiga kategori, yakni rendah (0 – 100 mm), menengah ( 100 – 300 mm), tinggi (300 – 500 mm) dan sangat tinggi (>500 mm).

Fenomena la nina sebutnya juga mempengaruhi tingginya potensi hujan di berbagai wilayah.

Di Maluku sendiri, wilayah Pulau Ambon menjadi salah satu daerah yang berpotensi tinggi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Wilayah lainnya, yakni Pulau Pulau Lease, Selatan Pulai Seram dan Buru Selatan.

“Curah hujan bulanan, bulan Mei di Pulau Ambon hujannya cukup signifikan,” katanya.

Paays pun menghimbau warga untuk lebih waspada terkhusus mereka yang menempati kawasan bantaran sungai dan lereng bukit.

“Harus tetap mengupdate cuaca dari BMKG, kemudian perlu diwaspadai dampak bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor,” tandasnya. (*)

Penulis: Fandi Wattimena
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved