Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Laeng Kase Inga Laeng

Ini nasehat yang mengingatkan agar "jang bakanjang deng dosa" (=jangan bergaul erat dengan dosa)

Editor: Fandi Wattimena

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Bale tempo, jang aer su di batang leher baru barnang bakabas" (=kembalilah, jangan menunggu sudah sulit baru berusaha).

Ini nasehat yang mengingatkan agar "jang bakanjang deng dosa" (=jangan bergaul erat dengan dosa), melainkan "angka tobat tempo" (=segeralah bertobat).

Artinya "ada kuat babae nih loko bale, jang su hela baru inga par bale lai jalang su pende" (=selagi masih kuat, bertobatlah, jangan menyesal kemudian waktu dan sudah tidak ada kesempatan lagi).

Nasehat tentang hidup selalu mengingatkan kita "biking apapa tuh takotang Tuhan sadiki" (=melakukan sesuatu itu harus takut Tuhan).

Baca juga: Kuti Kata; Ungkel

Baca juga: Kuti Kata; Kas Ampong

Nasehat itu mengajari kita pula untuk "jang cari salamat sandiri" (=jangan mencari keselamatan sendiri), dan "jang kas tinggal sudara batonar dosa" (=jangan biarkan saudara hidup dalam kubangan dosa).

"Kas' inga, lebe lai angka dia kas' kaluar dar' akang dosa tuh" (=ingatkan, bila perlu angkat dia keluar dari dosa itu).

"Laeng kas' inga laeng" merupakan sifat yang dianjurkan, dan sifat ini didasari pada keyakinan "ada waktu par bale" (=ada waktu untuk bertobat), dan salah satu cara agar seseorang "angka tobat" adalah "kas' inga dia" (=ingatkan dia). Ini salah satu bukti bahwa "katong tar hidop par sanang sandiri" (=kita tidak hidup untuk senang sendiri).

"Kas' inga" itu penting sebab kadang "tobat, la bale biking lai. Istobat jua" (=bertobat, tetapi melakukan kesalahan lagi. Sungguh heran).

Manusia kadang lupa, dan kadang juga "pura-pura lupa" atau "biking-biking" (=berpura-pura dengan kata dan tindakannya), padahal kemudian waktu "manyasal par sa'ika" (=semuanya menyesal).

Sebagian lagi ada yang suka "maeng-maeng deng Tuangallah lai" (=mempermainkan Tuhan juga), malah beranggapan "biking saja, Tuhan tar ada" (=berbuat dosa saja, Tuhan tidak ada).

Baca juga: Kuti Kata; Jang Balayar Deng Orang Pung Layar

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved