Breaking News:

Super Blood Moon

Sebentar Lagi ! Puncak Gerhana Bulan Total di Maluku, Pukul 20.00 WIT

Untuk di Kota Ambon, pmantauan digelar di kawasan Karang Panjang, tepatnya 100 meter dari monumen patung Christina Martha Tiahahu.

Penulis: Jenderal Louis MR | Editor: Fandi Wattimena
Freepik/@user6614106
Super Blood Moon 

Laporan Wartawan Tribunambon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Puncak gerhana bulan total di Maluku dipastikan tampak langit Maluku tepat pukul 20.18 WIT hingga 20.28 WIT.

Di Provinsi Maluku sendiri pemantauan dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon di dua lokasi yakni di Kota Ambon dan di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Untuk di Kota Ambon, pmantauan digelar di kawasan Karang Panjang, tepatnya 100 meter dari monumen patung Christina Martha Tiahahu.

Di lokasi pemantauan, petugas BMKG menggunakan teropong bintang 790 milimeter.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Ambon, gerhana bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Baca juga: Warga Pulau Ambon Diimbau Waspada, Dampak Super Blood Moon

Baca juga: Link Streaming Gerhana Bulan Total Rabu, 26 Mei 2021: Bisa Disaksikan Lewat HP

"Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari Bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi ketika gerhana bulan total bulan akan tampak merah," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Herlambang Huda, Rabu (26/5/2021).

Lanjutnya, proses ini terjadi dikarenakan pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi.

"Hal itu juga didukung adalah akibat dari gelombang cahaya panjang yang datang dari bumi inilah yang membuat bulan tampak merah," tambahnya.

Sebelumnya, pihak BMKG menghimbau agar warga di daerah pesisir waspada terhadap air pasang selama gerhana bulan terjadi.

"Selama berlangsungnya gerhana bulan masyarakat yang berada di pesisir atau pinggir laut perlu mewaspadai terjadinya pasang air yang lebih tinggi dari pasang normalnya," kata Staff Observasi BMKG Ambon, Rizky. M. Rahmad, Selasa (25/5/2021). (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved