Breaking News:

Ambon Hari Ini

Sampah Berserakan, Petugas Kebersihan Taman I Am Ambon Bisa Angkut 2 Tong Sampah Setiap Hari

Setiap hari, petugas kebersihan memungut lebih dari dua tong sampah di Taman I Am Ambon yang berada tepat di bawah Jembatan Merah Putih (JMP)

Ode Dedy Azis
Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di Taman I Am Ambon yang berada tepat di bawah Jembatan Merah Putih (JMP), Jalan Jenderal Sudirman, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, Senin (24/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Setiap hari, petugas kebersihan memungut lebih dari dua tong sampah di Taman I Am Ambon yang berada tepat di bawah Jembatan Merah Putih (JMP), Jalan Jenderal Sudirman, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon.

Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di Taman I Am Ambon yang berada tepat di bawah Jembatan Merah Putih (JMP), Jalan Jenderal Sudirman, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, Senin (24/5/2021).
Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di Taman I Am Ambon yang berada tepat di bawah Jembatan Merah Putih (JMP), Jalan Jenderal Sudirman, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, Senin (24/5/2021). (Ode Dedy Azis)

"Hari ini, kami dua tong sampah di taman ini saja," ujar Steven, seorang petugas kebersihan taman I Ambon kepada TribunAmbon.com, Senin (24/5/2021) siang.

Baca juga: Alat dari Jogjakarta Sudah Tiba, Traffic Light di Namlea Belum Diperbaiki Karena Teknisi Sakit?

Baca juga: Louhenapessy; Kalau Coating Ternyata Trotoar Masih Licin, Baru Kita Evaluasi

Dia menyebut, taman yang berada di tengah beberapa ruas jalan utama itu ramai dikunjungi warga kota. Sayangnya, mereka tidak sadar akan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Masyarakat kurang sadar kebersihan. Mereka tidak buang sampah langsung di tempat sampah," kata Steven.

Dia mengatakan, sudah ada empat tempat sampah di taman, namun rupanya percuma saja.

"Kan sudah ada tong sampah, kalaupun penuh, setidaknya bawa pulang sampahnya masing-masing, bukan malah dibuang sembarangan," ujarnya.

Sampah berserakan di Taman I Am Ambon yang berada tepat di bawah Jembatan Merah Putih (JMP), Jalan Jenderal Sudirman, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, Senin (24/5/2021).
Sampah berserakan di Taman I Am Ambon yang berada tepat di bawah Jembatan Merah Putih (JMP), Jalan Jenderal Sudirman, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, Senin (24/5/2021). (Ode Dedy Azis)

Steven melanjutkan, apalagi sampah saat akhir pekan. Dia dan petugas lainnya biasa menghubungi satu mobil bak terbuka untuk mengangkut sampah.

"Kadang kami sampai sudah tidak kuat lagi saking banyaknya sampah. Jadi harus pake mobil pick up," kata dia.

Dia menilai, membuang sampah bukan pada tempatnya masih menjadi kebiasaan warga yang berkunjung ke ke taman untuk melakukan berbagai aktivitas.

Meski di setiap pojok taman sudah disediakan tong sampah, namun sehabis makan atau minum pengunjung langsung membuang bekas kemasan ke sembarang tempat. (*)

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved