Breaking News:

Hari Pattimura ke 204

Peringatan Hari Pattimura ke-204 di Ambon, Ini Isi Janji Apel Kehormatan Dan Renungan Suci

Peringatan Hari Pahlawan Nasional asal Maluku itu dimulai pukul 00.00 WIT, di Pattimura Park, Kota Ambon, Sabtu (15/5/2021).

Courtesy / tangkapan layar Kanal YouTube Pemerintah Kota Ambon
AMBON: Caption: Upulatu Upacara, Richard Louhenapessy tengah menyalakan obor Pattimura dalam Upacara Kehormatan dan renungan suci memperingati Hari Pattimura ke 204 di Pattimura Park pukul 00.00 WIT, Jumat (15/5/2021) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON,TRIBUNAMBON.COMUpacara kehormatan dan renungan suci peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke 204 dilakukan dengan pembacaan janji oleh Upulatu Upacara, Richard Louhenapessy.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional asal Maluku itu dimulai pukul 00.00 WIT, di Pattimura Park, Kota Ambon, Sabtu (15/5/2021).

Berikut isi naskah apel kehormatan dan renungan suci.

“Kami yang hadir pada hari ini, Sabtu tanggal 15 Mei 2021 pukul 00.00 WIT pada upacara untuk memperingati jasa -asa pahlawan nasional kapitan Pattimura menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara Thomas Matulessy kapitan Pattimura bersama kawan-kawan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.
Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kematian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga.
Kami berdoa semoga jasa saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya.
Ambon tanggal 15 Mei 2021 pukul 00.00 WIT.
Atas nama yang hadir dalam upacara, kami inspektur upacara, Richard Louhenapessy, Wali Kota Ambon,” kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy membacakan naskah.

Baca juga: Tak Ada Upacara Hari Pattimura di Saparua, Pemprov Alihkan Ke Pattimura Park

Usai membacakan naskah upacara dan renungan suci, Louhenapessy menyalakan obor Pattimura yang berada di lokasi dekat Patung Pattimura berdiri.

Penyalaan obor itu sebagai simbol memperingati perjuangan Pattimura bersama kapitan lainnya dalam melawan jajahan bangsa kolonial.

“Pattimura boleh mati, tapi akan bangkit Pattimura muda yang akan meneruskan perjuangan ini,” ucap Louhenapessy sebelum menyalakan obor Pattimura.

Upacara yang juga disiarkan melalui kanal youtube Pemerintah Kota Ambon itu dihadiri oleh Forkopimda Kota Ambon, pimpinan OPD, perwakilan ASN, TNI dan POLRI, serta Raja, Lurah dan Para Kepala Desa.
Turut hadir pula perwakilan dari sekolah, baik SD maupun SMP, Perwakilan Unsur Pemuda, OKP, Perwakilan OSIS dan Pramuka.

Sementara itu, Komandan Upacara dipimpin Camat Teluk Ambon, Imelda Tahalele.

Penulis: Tanita Pattiasina
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved