Breaking News:

Ramadan 2021

Tak Larang Mudik, Pemprov Maluku Siapkan Rapid Test Antigen Gratis Bagi Pemudik

Hari pertama pelaksanaan, ratusan masyarakat umum dan mahasiswa telan menjalani rapid test antigen

Sumber: Humas Pemprov Maluku
Pemprov Maluku gelar rapid antigen gratis bagi pemudik 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

AMBON, TRIBUNAMBON.COM -Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku akan mengadakan rapid test antigen gratis untuk membantu masyarakat kurang mampu yang hendak bepergian.

Menurut Ketua Satgas Penanganan Covid- 19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, rapid test antigen gratis ini dilaksanakan di belakang pelataran halaman Kantor Gubernur Maluku selama dua hari, terhitung sejak hari ini (4/5/2021) hingga Rabu (5/5/2021) besok.

"Jadi, bukan kita memberikan kelonggaran mudik ya. Jika memang dia harus pulang dan tidak mampu, maka kita bantu berikan layanan rapid test antigen gratis," kata Kasrul.

Hari pertama pelaksanaan, ratusan masyarakat umum dan mahasiswa telan menjalani rapid test antigen.

Para calon pelaku perjalanan ini hendak mudik ke Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Buru Selatan dan Kabupaten Buru.

"Dari calon penumpang yg diperiksa sebanyak 407 orang, 4 orang positif yang tidak diperkenankan melakukan perjalanan," jelas Kasrul.

Untuk diketahui, di dalam Surat Edaran (SE) sebelumnya, rapid test hanya diberlakukan secara acak dengan indikator, jika suhu tubuh pelaku perjalanan tinggi, yakni di atas 36 derajat celsius, maka harus dilakukan rapid antigen oleh petugas.

Namun, dengan dikeluarkan SE revisi, maka hal tersebut tidak berlaku sejak dilakukan revisi terhadap SE Gubernur Maluku terkait larangan mudik Idul Fitri.

Pada kesempatan itu, Kasrul juga menegaskan, mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 mendatang tidak ada lagi pelayaran.

"Tanggal 16 sampai 17 Mei seng (tidak) ada lagi pelayaran untuk penumpang. Yang ada hanya untuk logistic,” pungkasnya

Adapun kebijakan ini diatur dalam SE Nomor 451-52 Tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H di Provinsi Maluku. (*)

Penulis: Adjeng Hatalea
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved