Breaking News:

Ambon Hari Ini

BPOM Ambon Sidak Distributor Olahan Pangan

Menurut Kepala Balai POM Ambon, Hariani, pihaknya menyasar distributor maupun retail modern untuk mengecek kelayakan produk.

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Ridwan Tuasamu

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Ambon rutin menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah distributor olahan pangan.

Hal ini dilakukan guna memantau kelayakan produk yang akan di distribusikan ke toko maupun pedagang.

Menurut Kepala Balai POM Ambon, Hariani, pihaknya menyasar distributor maupun retail modern untuk mengecek kelayakan produk.

"Kita cek langsung distributor nya ya, karena semua produk pedagang berasal dari mereka," ujar Hariani kepada TribunAmbon.com melalui sambungan telepon, Selasa (20/04/2021).

Ia mengatakan pihaknya akan memeriksa produk yang didagangkan termasuk tanggal kadaluarsa dan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Kemudian ia mengungkap jika ditemukan produk yang tidak layak jual di sejumlah toko dan distributor maka akan langsung dimusnahkan.

"Pemilik barang kami tegur lalu akan langsung kita suruh musnahkan, ini agar ada efek jera," katanya.

Baca juga: Cegah Penggunaan Bahan Berbahaya, BPOM Ambon Uji Sampel Makanan Berbuka Puasa

Baca juga: Balai POM Ambon Himbau Pedagang Takjil Menjaga Kebersihan Makanan

Selain distributor olahan pangan, Balai Pom juga rutin melakukan sidak di sejumlah toko kosmetik untuk mencegah beredarnya kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Selain sidak BPOM juga rutin mendatangi Pasar Ramadhan disejumlah titik di Kota Ambon untuk memastikan pangan yang dijual aman konsumsi.

Saat pemantauan Pasar Ramadhan, banyak ditemui pedagang yang tidak menjaga kehigienisan hidangan takjil yang dijual. (*)

Penulis: Muh Ridwan H Tuasamu
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved