Breaking News:

Nasional

Pemerintah Terus Sosialisasikan Tarawih dan Shalat Id di Tengah Pandemi Covid-19

Salah satu yang harus diperhatikan adalah protokol kesehatan ketat selama menjalankan ibadah tersebut di masjid.

(Dokumentasi Jusuf Kalla)
Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendi, menemui ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) sekaligus ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK), Rabu (7/4/2021). 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah terus melakukan sosialisasi pelaksanaan shalat tarawih dan shalat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah protokol kesehatan ketat selama menjalankan ibadah tersebut di masjid.

"Pemerintah akan terus melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan shalat tarawih dan Idul Fitri. Dalam hal ini, hal yang paling penting adalah kesadaran masyarakat untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan ketat selama beribadah," ujar Muhadjir usai bertemu Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, Rabu (7/4/2021), dikutip dari siaran pers.

Dalam rangka menguatkan hal tersebut, kata dia, ia pun bertemu dengan Jusuf Kalla yang juga merupakan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) untuk berkonsultasi dan berkoordinasi pelaksanaan ibadah tersebut. Ini termasuk juga tentang kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Bupati Khawatir Warga Tak Lagi Makan Ikan Laut, Minta Pempus Segera Tutup Tambang Emas Tamilouw

"Saya harap dengan konsultasi ini, berbagai masalah yang mungkin muncul dengan diizinkannya shalat tarawih berjamaah di masjid dan shalat Idul Fitri di masjid dan lapangan dapat diantisipasi dan ditangani lebih baik dan penuh kesiapan," ujar dia.

Muhadjir juga mengingatkan kepada para jemaah agar berupaya untuk menghindari kerumunan saat beribadah. Baik saat akan datang menuju tempat ibadah maupun ketika selesai shalat berjemaah.

Sementara itu, Ketua DMI Jusuf Kalla juga berpesan agar pelaksanaan ibadah shalat tarawih dan Idul Fitri dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu, pengawasan dari sisi kebersihan masjid demi menjaga kesehatan bersama juga perlu dilakukan.

"Oleh karena itu, penjaga masjid atau marbot harus bisa memastikan dan mengawasi pelaksanaan ibadah shalat tarawih dan shalat Idul Fitri," kata Kalla.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Terus Sosialisasikan Tarawih dan Shalat Id di Tengah Pandemi Covid-19”.

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved