Breaking News:

Nasional

Menkes: Khusus Lebaran, Vaksinasi Covid-19 Diprioritaskan di Kota Tujuan Mudik yang Banyak Lansia

Adapun dalam presentasi Menkes, kota-kota yang menjadi tujuan mudik dari DKI Jakarta mengacu pada data 18-24 Mei 2020.

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.(ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan paparan saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Rapat tersebut membahas ketersediaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. 

JAKARTA, TRIBUNAMBON.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, untuk mengantisipasi masyarakat yang nekat mudik Lebaran 2021, pemerintah akan memprioritaskan vaksinasi Covid-19 di kota-kota tujuan mudik yang memiliki banyak penduduk lansia.

"Makanya vaksin ini kita prioritaskan ke kota-kota tujuan (mudik) yang banyak lansianya sehingga lansia di kota-kota ini kita prioritaskan," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis (8/4/2021).

Adapun dalam presentasi Menkes, kota-kota yang menjadi tujuan mudik dari DKI Jakarta mengacu pada data 18-24 Mei 2020.

Berdasarkan data tersebut Ada 12 provinsi yang menjadi tujuan mudik Lebaran yaitu Banten, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, dan Bali.

Baca juga: Puluhan Mahasiswa UKIM Gelar Aksi Sosial Bantu Korban Banjir NTT

Baca juga: Kemensos Salurkan Bantuan Rp 3,9 Miliar untuk Korban Banjir NTB dan NTT

Budi mengatakan, lansia harus diprioritaskan mendapatkan suntikan vaksin karena apabila terpapar Covid-19 akan sangat berisiko meninggal dunia.

"Kita lihat juga dari 1,5 juta orang yang terkena, hanya 10 persen yang lansia, tapi dari 41.000 yang wafat 50 persen itu lansia. Jadi kelihatan sekali lansia itu fatality rate-nya tinggi, risikonya tinggi," ujarnya.

Selain itu, Budi mengatakan, hingga saat ini vaksinasi Covid-19 lansia masih kalah cepat dari vaksinasi petugas publik karena kalangan muda dapat bergerak cepat untuk melaksanakan vaksinasi.

"Jadi kita butuh semua kepala daerah memprioritaskan penyuntikan lansia, karena kematiannya tinggi dan belum semua kabupaten kota yang memprioritaskan lansia," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes: Khusus Lebaran, Vaksinasi Covid-19 Diprioritaskan di Kota Tujuan Mudik yang Banyak Lansia".

Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved