Breaking News:

10 Negara Paling Gagal, Bahkan Lebih Buruk dari Negara Miskin, Myanmar Terancam Masuk Daftar

Senasib bahkan lebih buruk dari Myanmar, berikut ini adalah beberapa negara paling gagal di dunia.

Editor: Fitriana Andriyani
AFP
Keluarga dan kerabat berdoa di samping tubuh seorang wanita Muslim, yang terbunuh saat mengambil bagian dalam demonstrasi menentang kudeta militer selama pemakamannya di Mandalay pada 1 Maret 2021. 

TRIBUNAMBON.COM - Hingga kini, Myanmar masih dikuasai junta militer yang melakukan kudeta sejak awal Februari lalu.

Negara-negara Barat termasuk AS, Inggris dan Australia telah memberlakukan atau memperketat sanksi terhadap para jenderal dan jaringan monopoli bisnis militer yang besar sebagai tanggapan atas kudeta, penahanan dan penggunaan kekuatan mematikan terhadap para demonstran. Uni Eropa pun diharapkan untuk mengikuti langkah tersebut.

Rusia, yang telah menunjukkan dukungan kepada dewan militer yang berkuasa di Myanmar, pada Selasa mengatakan, Barat berisiko memicu perang saudara di negara itu dengan menjatuhkan sanksi pada junta militer.

Melansir Business Day, Rabu (7/4/2021), Fitch Solutions mengatakan dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada hari Rabu bahwa hanya dengan sanksi Barat saja tidak mungkin berhasil dalam memulihkan demokrasi Myanmar.

Baca juga: Finlandia Dinobatkan Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Bandingkan Fasilitasnya dengan Indonesia!

Ia meramalkan revolusi kekerasan antara militer di satu sisi dan oposisi bersenjata dari anggota gerakan anti-kudeta dan milisi etis dalam jangka menengah.

Beberapa milisi etnis, yang menguasai sebagian besar wilayah perbatasan Myanmar, mengatakan mereka tidak dapat berdiam diri karena junta membunuh orang dan telah melibatkan militer dalam pertempuran kecil.

Fitch mengatakan Myanmar sedang menuju negara gagal.

"Meningkatnya kekerasan terhadap warga sipil dan milisi etnis menunjukkan bahwa Tatmadaw semakin kehilangan kendali atas negara," katanya, menambahkan bahwa sebagian besar orang mendukung pemerintah paralel.

Senasib bahkan lebih buruk dari Myanmar, berikut ini adalah beberapa negara paling gagal di dunia, melansir Business Insider:

1. Somalia

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved