Breaking News:

Hari Perempuan Internasional

Peringati Hari Perempuan Internasional, Aliansi Comrade Gelar Aksi Dengan 25 Tuntutan

Aksi tersebut dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret.

TribunAmbon.com/Henrik
TUAL: Sejumlah pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Comite Rakyat Demokratis (COMRADE) menggelar orasi di Jalan Merdeka, Kota Tual, Senin (8/3/2021) siang. 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Henrik Toatubun.

TUAL, TRIBUNAMBON.COM - Sejumlah pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Comite Rakyat Demokratis (COMRADE) menggelar aksi di Jalan Merdeka, Kota Tual, Senin (8/3/2021) siang.

25 tuntutan itu dibacakan Aryani (20) dalam orasinya.

"Stop kekerasan terhadap perempuan. Hidup perempuan yang melawan," salah satu tuntutan yang dibacakan Aryani selama beraksi.

Aksi tersebut dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret.

Kekerasan terhadap perempuan yang kerap terjadi di Maluku dan di Indonesia pada umumnya menjadi dasar dari aksi yang dilakukan aliansi pemuda dan mahasiswa di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara yang peduli terhadap isu-isu Hak Asasi Manusia (HAM) itu.

Kepada TribunAmbon.com, Koordinator Aksi, Cheasrul (20) mengatakan, Pemerintah Indonesia harus adil dalam membuat kebijakan terhadap kepentingan-kepentingan perempuan.

"Perempuan harus diberi ruang demokrasi yang luas dan tidak boleh didiskrimansi," ujar Chaesrul.

Ia menegaskan, pemerintah harus mengambil sikap terhadap kekerasan perempuan, terutama kepada perempuan-perempuan di Papua yang diperkosa oleh oknum militer.

25 tuntutan itu tidak hanya menyangkut dengan kepentingan perempuan saja, tapi juga menyangkut Omnibuslaw, masalah pendidikan dan kesehatan, perampasan hak masyarakat adat , diskriminasi terhadap kaum LGBT, dan lain sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Henrik Toatubun
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved